First Indonesian Film Produced by Netflix

Film The Night Comes for Us resmi dirilis pada 19 Oktober 2018.

 

Film Indonesia tengah kerap menjadi bahan perbincangan hangat beberapa tahun belakangan. Ini menandakan perkembangan yang sangat baik dalam industri sinema Tanah Air. Banyak nama sutradara baru bermunculan dan daftar judul-judul film yang tayang di festival internasional juga terus bertambah. Battle of SurabayaPengabdi SetanSekala NiskalaAthirah, dan Marlina merupakan beberapa judul yang berhasil mendapat penghargaan internasional dan dinikmati masyarakat dunia melalui penayangannya di beberapa festival film dalam dua tahun terakhir.

Bertambahnya apresiasi terhadap film Indonesia membuat perusahaan layanan streaming Netflix melihat peluang pada pasar industri kita. Tahun ini, Netflix melokalisir platformnya untuk warga Indonesia. Gerakan pertamanya adalah dengan menyediakan user interface berbahasa Indonesia. Lalu disusul dengan kerja sama mereka dengan beberapa service provider lokal (XL Axiata, Bolt, Hutchinson 3 Indonesia, dan Smartfren) untuk paket-paket video data plan.

Menemani perubahan ini, hadir pula konten-konten film lokal dalam situs yang kini sedang menghadapi kompetisi dengan pesaing-pesaing baru tersebut. Anda sekarang bisa menikmati film GieFilosofi KopiLaskar PelangiAda Apa Dengan Cinta 2, dan juga Arisan 2 di Netflix. Selain untuk menarik market, gerakan bisnis ini juga tentunya ditujukan untuk meningkatkan pengalaman menonton warga Indonesia dalam menikmati konten-konten dari berbagai belahan dunia.

By engaging with consumers in their preferred language, Netflix becomes more accessible and relevant to consumers,” ujar Vice President Corporate Communications Asia, Jessica Lee.

Menyempurnakan strateginya, perusahaan berbasis California tersebut meluncurkan film original Indonesia untuk pertama kalinya, berjudul The Night Comes for Us, yang tayang eksklusif pada 19 Oktober lalu. Film ini dibintangi oleh beberapa nama besar seperti Joe Taslim, Iko Uwais, Hannah Al Rashid, Dian Sastrowardoyo, dan Julie Estelle. Bergenre actionThe Night Comes for Us menyajikan arahan visual yang menarik meski sangat gory.

Film ini mengambil latar sisi underground Jakarta dan mengikuti kisah seorang mantan anggota Triad yang berusaha keras untuk menjaga seorang gadis kecil yang diselamatkannya, sembari melarikan diri dari mantan gang-nya. Cerita yang rumit bertemu dengan adegan aksi berkoreografer matang, sutradara Timo Tjahjanto berhasil memancing rasa penasaran para penonton. Film ini juga layak mendapat acungan jempol berkat pengawinan efek visual yang diarahkan dengan baik. Sebuah tips dari kami, pastikan Anda benar-benar fokus ketika menyaksikan film ini.

Dengan penayangan The Night Comes for Us, konsumen Netflix di Indonesia siap menyambut judul-judul produksi lokal lain yang akan muncul di platform global tersebut. Apakah film ini akan disambut baik oleh para penonton Barat adalah pertanyaan yang masih kami tunggu jawabannya. Yang jelas, ini merupakan satu lagi langkah maju dan kami menaruh harapan besar pada perkembangan show business Indonesia.