Valentino Spring/Summer 2022, Ruang untuk Keunikan Tiap Individu

A fashionable rendez-vous.

 

Memang benar bahwa proses terciptanya mode terjadi di atelier, akan tetapi Pierpaolo Piccioli melalui koleksi Valentino Spring/Summer 2022 menegaskan bahwa fashion menjadi hidup ketika ia sudah dikenakan untuk beraktivitas, bertemu dengan keunikan pribadi pemakainya. Change of perspective ini yang menjadi landasan pengembangan koleksi.

Motifnya itu kemudian diiringi dengan upaya kembali mengolah Valentino codes. Sartorial heritage milik Valentino di koleksi ini berjumpa dengan jiwa kehidupan real di berbagai latar, termasuk street. Sebagian dari estetika elemen archival tersebut bahkan dibiarkan sebagaimana adanya  dan keberadaannya ditandai dengan label “Valentino Archive”. Garmen-garmen tersebut telah melalui sebuah perjalanan melintasi waktu. Mulai dari animal print coat, white dress yang dikenakan Maria Berenson, dan long floral dress yang difoto oleh Chris von Wangenheim.

Tailoring pada koleksi ini mendapat reinterpretasi dalam hal volume serta warna-warna akrilik yang vivid. Pieces yang terinspirasi kegiatan aktif menegaskan aspek fisikal dan sensual dari tubuh. Taffeta yang erat dengan citra couture dimaknai ulang sehingga mampu tampil dalam bentuk rancangan yang lebih praktikal seperti jaket dan oversized-shirt. Kreasi-kreasi lainnya semakin memperkuat rujukan pada realita street. Bermuda shorts dengan warna-warna kontras, denim yang dipadankan dengan kemeja putih berornamen broderie anglaise, dan outerwear berbordir.

Berjudul Rendez-vous, koleksi ini hadir bukan untuk dirinya sendiri melainkan memberi ruang pada keunikan masing-masing individu dalam menciptakan ragam nuansa berbeda kala mengenakan rancangan-rancangan tersebut.