The 4th Fairmont Jakarta’s Women Leaders Forum Talks about Career Purpose

How the leaders achieve their success.

 

Bentuk komitmen Accor Hotels bagi kesetaraan gender telah diwujudkan dalam berbagai bentuk. Selain mencanangkan program internal, jaringan hotel yang tersebar global ini juga turut berpartisipasi dalam insiatif internasional seperti HeForShe dari UN Women. Seturut visi Accor Hotels untuk aktif berkontribusi dalam isu gender, Fairmont Jakarta yang merupakan bagian dari hotel chain tersebut menyelenggarakan Women Leaders Forum sejak tahun 2017. Pada penghujung tahun 2019, hotel yang berlokasi di area Senayan itu pun menghelat Women Leaders Forum ke-4 di awal bulan Desember dengan tema ‘Finding Your Career Purpose’.

Dipandu oleh Editor-in-Chief The Editors Club, Hessy Aurelia, forum tersebut menghadirkan tiga pembicara perempuan dan seorang pembicara laki-laki yang berbagi pengalaman hidup dan cara pandang dalam menentukan tujuan karir dan proses pengembangannya. Sharing tentang perjalanan karir hingga membuahkan upscale lifestyle media yang disampaikan oleh Hessy Aurelia menjadi pembuka diskusi yang kemudian dilanjutkan oleh presentasi dari Irma Erinda, pendiri Purpose Finder. Dalam sesi bincang-bincang, sosok di balik situs yang membantu orang dalam hal personal development itu membentuk kerangka diskusi dengan mendefinisikan purpose sebagai pemberian makna kepada hal-hal yang kita lakukan.

Berlanjut ke pembicara selanjutnya ialah Shinta Dhanuwardoyo yang karena mendirikan Bubu.com juga dikenal sebagai Shinta Bubu. Membahas topik entrepreneurship sebagaimana latar belakangnya, Shinta menceritakan bagaimana dengan keyakinan kuat terhadap teknologi internet ia mengambil langkah untuk membangun Bubu.com pada tahun 1996 yang awalnya fokus menawarkan jasa desain website, meskipun pada saat itu internet masih sangat asing di dunia, terlebih di Indonesia. Bagi Shinta, selain belief pada usaha yang dijalani, kunci kesuksesannya juga terletak pada poin perihal good timing.

Fifi Henirawati yang menjadi pembicara berikutnya menyentuh topik kesetaraan gender dalam pembangunan karir seorang perempuan. Pendiri situs insurance market place We+ yang dahulu menjabat sebagai Direktur Eksekutif BP Castrol Indonesia mengatakan bahwa ia percaya dengan meritokrasi, yakni sistem dimana penilaian dibuat berdasar kemampuan. Dengan berpegang pada asas tersebut, ia yakin bahwa perempuan dapat meniti karir hingga ke posisi puncak meski dihadang berbagai rintangan. Hal ini pun dibenarkan oleh Handry Satriago yang saat ini menjabat sebagai CEO General Electric Indonesia. Pada kesempatan yang sama, ia mengajak seluruh peserta diskusi untuk mempertanyakan apa sesungguhnya kesuksesan itu, serta berpikir soal sejauh mana passion pada satu bidang harus diperjuangkan. Satu poin sangat penting yang dibagikan Handry pada acara ini adalah untuk tetap menjaga fighting spirit dalam upaya membangun kesuksesan.