Self-Expression and Sustainability Statement in Gucci Spring/Summer 2020

Social and environmental concern.

 

Tidak seperti beberapa show sebelumnya yang dihelat di tempat bersejarah, peragaan busana Gucci untuk koleksi Spring/Summer 2020 digelar di venue yang terlihat minimalis dan futuristik, seperti sepotong adegan dari film science fiction. Para model berdiri di sebuah travelator yang berfungsi sebagai runway yang ‘menggerakkan’ mereka ke arah penonton, diiringi suara dentingan dan dialog berintonasi datar yang berkata: “I don’t even know what normal would be”. Pada pembukanya, barisan model yang mengenakan straitjacket-inspired creations bukan hanya menciptakan nuansa dunia dystopia tapi juga mengekspresikan pengekangan.

Sesi tersebut adalah sebuah alegori akan bagaimana norma sosial meredam self-expression. Berdasarkan penjelasan Gucci, pakaian-pakaian putih itu tidak akan dijual di toko, melainkan hanya ditampilkan sebagai bagian pertunjukan berisi kritik dan kemudian diikuti dengan koleksi Spring/Summer 2020 sebagai counter argument dari bagian pembuka. Untuk musim semi mendatang, Alessandro Michele kembali membawa 70s vibe kepada rumah mode asal Italia itu. Palet warnanya bold dan bervariasi, yakni coral, mint, violet, neon green, serta deep blue. Kesan subversive sensuality terwujud melalui bahan sheer, rok dengan slit tinggi, serta slogan ‘Gucci Orgamisque’.

Melalui koleksi tersebut, Gucci berbicara tentang fashion yang memiliki peran liberating. Mengutip rilis media Gucci, ”That’s the only way fashion can be constitutively resistant: allowing each and every one to creatively build their own place in the world, beyond any normativity imposed from the outside. Fashion as a space of poetical self-affirmation where the desire of the self can shine.” Selain menjadi peragaan koleksi yang berisi kritik sosial, show Gucci kali ini pun merupakan perwujudan kepedulian pada lingkungan. Mewujudkan visi carbon neutral yang dicetuskan beberapa waktu lalu, Gucci menggunakan bahan-bahan recycled dan recycleable untuk materi dan set dari fashion show-nya, termasuk juga undangannya.