Paris Fashion Week SS20 Resee Part 2: Dior, Valentino

What we’ve seen from the Resee.

 

Melanjutkan bahasan tentang sesi Resee koleksi Spring/Summer 2020 di Paris Fashion Week, kini kami akan menyajikan apa yang kami lihat pada rancangan-rancangan dari rumah mode Dior dan Valentino.

 

Dior Spring/Summer 2020

Satu pengalaman yang membekas di memori saat mengunjungi Resee Dior adalah sesi dimana kami dimintai pendapat seputar koleksi yang telah dilihat. Seperti yang kami lihat, untuk koleksi Spring/Summer 2020, rumah mode yang kini dipimpin oleh Maria Grazia Chiuri itu banyak bermain dengan material unik dan delicate yang menampilkan kekuatan motif serta embroidery. Semuanya dikembangkan dalam satu tema, yakni flora. Dior dan tetumbuhan, khususnya bunga, memang punya ikatan spesial karena kecintaan Christian Dior pada makhluk hidup itu. Akan tetapi, kali ini yang mengilhami rancangan-rancangan Chiuri adalah Catherine Dior, adik dari Christian Dior.

Pada foto-foto arsip, Chiuri melihat sosok yang dijuluki Miss Dior itu – dan menjadi nama parfum pertama Dior – dikelilingi oleh bunga-bunga di tamannya. Alih-alih sekadar mewujud menjadi upaya dekoratif yang nostalgic, Chiuri menempatkan inspirasi itu dalam sebuah pertanyaan kontemplatif tentang apakah relasi manusia dan alam bisa kembali dibuat seimbang? Ini menuntunnya pada referensi lain, yakni Monte Verità yang merupakan sebuah komunitas di Swiss pada awal abad ke-20 dimana para anggotanya berupaya untuk mewujudkan utopia mengenai keseimbangan manusia dan alam. Dari rujukan pada nuansa tempat komunitas tersebut tinggal, Chiuri menciptakan kreasi-kreasi dress beragam warna, mulai dari kuning hingga merah.

Valentino Spring/Summer 2020

Pecinta fashion tentu tahu bahwa Valentino bukan hanya menciptakan rangkaian busana ready-to-wear tapi juga couture. Bahkan menarikya adalah sisi couture rumah mode itulah yang melekat pada identitasnya. Poin ini menjadi aspek yang mendasari terciptanya koleksi Spring/Summer 2020 dari brand yang didirikan oleh desainer Valentino Garavani itu. Perwujudannya tampak nyata pada langkah Pierpaolo Piccioli mendesain looks berwarna putih. Pada peragaan busananya, kreasi-kreasi berwarna putih itu tampil pada bagian pembuka. Helaian-helaian pakaian putih tersebut merepresentasikan intensi sang creative director untuk kembali pada bentuk-bentuk dasar yang kemudian diberi sentuhan couture. Hasilnya adalah potongan-potongan yang meskipun minim ornamen namun memancarkan kesan dramatis.

Di samping desain-desain putih tersebut, Valentino juga menghadirkan karya-karya lain dalam balutan warna-warna vibran seperti neon lime, fuchsia, maupun hijau. Berbeda dari musim-musim sebelumnya, busana-busana Valentino kali ini tampak lebih light atau ringan namun tetap memancarkan couture spirit yang menjadi identitas brand. Untuk aksesoris, perhatian kami pada sesi Resee ini tertuju ke perhiasan-perhiasan yang merupakan hasil kolaborasi bersama perancang perhiasan dan seniman Alessandro Gaggio. Pada saat runway show, perhiasan itu menjadi pelengkap nan catchy bagi kreasi-kreasi Spring/Summer 2020 Valentino.