Koleksi Motif Batik Kolaborasi Uniqlo dan Bai Soemarlono

Virtuous heritage for the everyday. 

 

Untuk musim Spring/Summer 2021 ini, Uniqlo menggandeng desainer Bai Soemarlono untuk sebuah koleksi motif batik berpendekatan modern. Seperti yang mungkin Anda sudah ketahui, perancang yang akrab disapa Bai itu merupakan co-founder dari Populo Batik yang kemudian pada tengah tahun lalu mendirikan brand Ohmmbybai.

“Semua motif batik dipilih dan dirancang dengan makna serta nilai semangat yang positif, karena koleksi ini juga diluncurkan dengan pandangan ke depan pasca pandemi.” ucap Bai. Sambungnya, “Selain itu, kami ingin semua motif batik pada koleksi ini dapat digunakan diberbagai aktivitas sehari-hari, seperti untuk bekerja di kantor, work from home, bahkan untuk sekedar grocery shopping di sekitar lingkungan rumah.”

Berbagai elemen motif dari koleksi batik ini diambil dari simbol-simbol bermakna baik. Contohnya di koleksi laki-laki adalah motif Talas yang diambil dari daun menyerupai bentuk hati, sebuah simbol dari harapan, pembaharuan, kebangkitan, dan cinta. Motif-motif lain yang dihadirkan adalah  motif Parang, Kubus, Sisik Ikan, dan Bunga Lotus. Motif-motif itu dirangkai dalam ukuran mikro untuk memancarkan pesona three-dimensional.

Untuk koleksi perempuan, motif Kawung yang melambangkan alam semesta didedikasikan untuk blus berpotongan longgar dengan siluet tangan bervolume. Siluetnya simpel dan feminin, dengan pemilihan fabrikasi katun beraksen draperi untuk gaya understated nan modis. Koleksi ini telah tersedia di semua gerai Uniqlo sejak 12 April 2021.