Kenali Unit Link, Asuransi dengan Ekstra Manfaat Investasi

A hybrid function.

 

Siapa yang tak ingin memiliki kehidupan nyaman hingga masa depan? Secara realistis, hal tersebut tentu berkaitan dengan kesejahteraan finansial. Itulah sebabnya ada yang disebut dengan financial planning. Perencanaan keuangan yang baik diharapkan dapat membantu Anda untuk mencapai kenyamanan hidup di masa kini maupun masa mendatang. Ada banyak produk finansial yang bisa diiikutsertakan dalam sebuah financial planning. Salah satunya adalah asuransi unit link yang memiliki tambahan fungsi investasi. Beberapa waktu lalu, Editor-in-Chief The Editors Club, Hessy Aurelia, berbincang bersama Yudhistira Dharmawata, Chief of Proposition, Direct Marketing & Partnership AXA Financial Indonesia untuk mengetahui keunggulan produk asuransi jenis unit link.

Sebagai sebuah insurance product, unit link tentunya memberikan manfaat perlindungan. Mengenai hal ini, narasumber dari AXA Financial yang akrab disapa Yudhis itu menjelaskan bahwa peran asuransi dalam perencanaan keuangan maupun pengelolaan kekayaan layaknya fire extinguisher. “Pastinya kita tidak berharap tabung merah pemadam api ini terpakai ya, karena jika terpakai berarti sesuatu yang buruk terjadi. Tetapi ketika suatu yang buruk terjadi, tabung itu jelas manfaatnya dapat mematikan api itu. Artinya sangat penting kita punya alat itu,” ucapnya memberikan analogi mengenai peran asuransi. Melalui role tersebut, asuransi akan mencegah perencanaan keuangan yang sedang berjalan terganggu akibat adanya musibah-musibah tertentu, misalnya jatuh sakit.

Left: Yudhistira Dharmawata, Chief of Proposition, Direct Marketing & Partnership AXA Financial Indonesia. Right: Francine Denise, Interior Designer.

Lalu apa beda asuransi unit link dengan jenis lainnya? Sebagaimana penjelasan Yudhis, unit link insurance adalah asuransi yang dikombinasikan dengan fungsi investasi. Fungsi investasi ini yang akan memberi perolehan lebih di masa depan. “Jadi sejak awal dicampur. Ada porsi investasinya, ada porsi asuransinya,” ucap Yudhis. Dalam menginvestasikan dana para pemegang asuransi, AXA Financial Indonesia memiliki dedicated team berkonsep multi fund-manager yang dijalankan bekerjasama dengan Architas Indonesia. “Masing-masing fund manager punya skill berbeda-beda. Ada yang jago mengelola saham small cap, ada yang jago mengelola saham big cap, ada yang jagoan mengelola saham di luar negri, ada yang jago tentang fix income, dan lain-lain. Dalam konsep multi fund-manager, kami memilih jagoan-jagoan dari setiap segmen ini. Oleh karena itulah, pengelolaan dananya bisa sangat kuat,” terangnya.

Bicara soal investasi, interior designer Francine Denise yang turut serta dalam diskusi tersebut pun berbagi pengalamannya. Diversifikasi portofolio menjadi kata kunci yang ia pakai dalam berinvestasi. Tak hanya di ranah produk finansial, dirinya pun berinvestasi di berbagai bisnis, termasuk bisnis makanan dan minuman. Saran-saran perihal keuangan dan investasi ia minta dari orang-orang yang dipercayainya, mulai dari teman-teman dari industri finansial maupun keluarga sendiri. Ia pun menyarankan, “Diversifikasi portofolio Anda. Tempatkan dana Anda di hal-hal berbeda, bisa di produk investasi, produk asuransi, bisa juga berinvestasi di bidang-bidang bisnis.”

 

Berinvestasi sekaligus mendapatkan manfaat proteksi tentu terdengar menggiurkan. Akan tetapi, jangan lupa pula bahwa setiap hal memiliki risiko yang berbeda-beda. “Kalau kita bicara tentang risiko asuransi unit link, selalu ada risiko dalam hal investasi. Seperti kita sering dengar, high-risk, high-returnlow-risk, low-return; dan no-risk, no-return. Yang lucu, sering juga ada yang menawarkan high return tapi no risk. Kita harus curiga dengan yang seperti itu. Too good to be true,” ujar Yudhis. Terkait risiko, ia meyakinkan bahwa di AXA Financial Indonesia terdapat fund managers handal dan kredibel sehingga dana-dana nasabah dapat dikelola sesuai kebutuhan, risk profile, serta tujuannya.

Produk asuransi unit link dari AXA Financial Indonesia sendiri sudah meluncur pada awal tahun 2021 dengan nama AXA Magnificent Link. Salah satu kelebihan yang tercakup di dalamnya adalah beragamnya opsi-opsi asuransi tambahan atau riders, seperti asuransi kesehatan penyakit kritis, asuransi jiwa, dan sebagainya, sehingga memberikan pertanggungan yang komprehensif.