Dior Designs Wondrous Costumes for ‘Nuit Blanche’ Ballet

Dior kembali merambah dunia tarian untuk sebuah balet berjudul ‘Nuit Blanche’ di Teatro dell’Opera, Roma.

 

Nuit Blanche adalah salah satu dari tiga pertunjukan balet yang didedikasikan untuk komposer dan musisi Philip Glass. Acara ini dijadwalkan untuk tampil di Teatro dell’Opera, Roma mulai tanggal 29 Maret hingga 2 April 2019 dan akan dipentaskan oleh Eleonora Abbagnato, Director of Ballet di Teatro dell’Opera serta seorang étoile di Opéra National de Paris, dan penari ternama Friedemann Vogel. Koreografinya akan ditangani oleh koreografer Prancis Sébastien Bertaud.

Untuk Nuit Blanche, Maria Grazia Chiuri merancang sebanyak 16 kostum yang menjembatani jarak antara feminitas dan maskulinitas. Estetika dan teknik tarian menjadi fokus dari kostum-kostumnya, dengan bahan knit dan tulle memberikan efek yang lembut sehingga bentuknya dapat menyesuaikan gerakan ringan para penari. Warna ivory bermakna simbolis dikenakan oleh Abbagnato dan Vogel, ditemani oleh rona-rona pastel untuk kostum ballet corps. Bunga-bunga sutra – an ode to Christian Dior’s affinity for florals – menghiasi rok para penari, bagaikan rangkaian bunga yang disembunyikan di antara halaman-halaman buku. Dan yang terutama, kostum-kostum ini dikreasikan untuk menunjang para penari dalam mengekspresikan emosi melalui gerakan tubuh.

“[Abbagnato] adalah seorang seniman luar biasa yang telah bekerja keras untuk meraih mimpinya. Ia merepresentasikan sebuah sumber inspirasi bagi perempuan generasi baru.” ujar Chiuri. “Kariernya, seperti saya, telah dibentuk di antara Italia dan Perancis, yang telah membawa kami berdua menjadi lebih dekat lagi.

Sebelumnya, tema tarian telah menjadi inspirasi besar bagi Chiuri ketika ia mempresentasikan koleksi Dior Spring/Summer 2019 pada September lalu. Seperti para ikon tari avant-garde Isadora Duncan dan Loïe Fuller yang menjadi pelopor dalam bidangnya, koleksi tersebut menetapkan definisi feminin yang modern. Di sana, koreografer Sharon Eyal merancang sebuah tarian yang dipentaskan mengiringi kemunculan para model dalam kreasi Chiuri.