Chronicling Jaeger-LeCoultre Memovox, the Voice of Memory

Inilah kisah dari jam tangan Memovox dari Jaeger-LeCoultre, mulai dari posisinya sebagai pendamping para pengusaha dan petualang, hingga legasinya setelah lebih dari setengah abad kemudian.

 

By Madelaine Angelina

Memovox reminds, notifies, and wakes up” ujar tagline iklan pertama Memovox di tahun 1950, salah satu figur pemulihan ekonomi setelah Perang Dunia 2.  Nama ‘Memovox’ diambil dari bahasa Latin yang berarti ‘suara ingatan’, frasa yang mendeskripsikan fitur alarm chime pada jam tangan tersebut. Jam mekanikal dengan putaran manual ini digemari para pebisnis, dan pernah dihadiahkan kepada aktor ternama Charlie Chaplin.

THE HISTORY

Memovox Automatic mulai dikembangkan di tahun 1956, dirancang untuk para atlet dan petualang. Dalam beberapa tahun kemudian, banyak edisi baru Memovox diluncurkan. Untuk anniversary Jaeger-LeCoultre yang ke-125, ada model Memovox Worldtime dan Memovox Parking. Sedangkan, Memovox Deep Sea dengan Caliber 815 diperkenalkan pada tahun 1959, sebagai jam tangan diving pertama yang memiliki fitur alarm.

Kemunculan Memovox Polaris di tahun 1962 bersinggungan dengan masa di mana dunia begitu terpikat dengan eksplorasi laut, kutub, dan angkasa. Berdiameter 42 mm dengan fitur Caliber 825, jam ini resistan terhadap air sampai kedalaman 200 m, dan juga dengan guncangan dan magnetisme. Bahkan di dalam laut pun alarm sang Memovox masih dapat berbunyi. Sequel-nya, Memovox Polaris II dengan Caliber 916, memiliki sistem putaran yang inovatif serta roda keseimbangan dengan kapasitas 28,800 vibrasi per jam.

THE EVOLUTION

Fast forward ke penghujung abad ke-20, di mana model Master Control Memovox Caliber 914 dan Master Grande Memovox Caliber 909-404/2 diperkenalkan. Master Compressor Memovox menyusul pada tahun 2002.

Memovox Tribute to Polaris limited series diluncurkan pada tahun 2008, sebagai versi improvisasi dari model yang dikembangkan pada 1965 dan 1968, dilengkapi dengan Jaeger-LeCoultre Caliber 956. Seri pengulangan model-model legendaris dari Jaeger-LeCoultre berlanjut dengan Master Memovox Tribute to Deep Sea, kali ini dengan variasi European dan American. Anniversary ke-60 dari Memovox pada tahun 2016 dirayakan dengan model baru exclusive limited edition dari Memovox Snowdrop tahun 1970an.

Kini, pada tahun 2018, maison Swiss ini merilis koleksi baru Jaeger-LeCoultre Polaris line. Model original yang sudah menjadi favorit ini diperbaharui dengan case baru, tetapi tetap dengan tampilan dan fungsi chime dari model Polaris asli dari tahun 1968.