Belajar Aksara Jawa dan Bali bersama Aman

Celebrating International Mother Language Day.

 

Dalam menggarap properti-propertinya, Aman selalu berupaya untuk mengangkat budaya lokal. Ini menjadi nilai tambah Anda yang menginap di properti Aman. Tak hanya menikmati layanan premium dari brand ini, Anda pun akan mendapat pengetahuan berharga mengenai kultur setempat. Menyambut International Mother Language Day yang jatuh setiap 21 Februari, properti-properti Aman di Jawa dan Bali memberi kesempatan untuk Anda belajar aksara kedua daerah tersebut.

Melalui program Aksara Jawa Experience di Amanjiwo, Anda akan berkenalan dengan huruf tradisional Jawa yang disebut Hanacaraka. Seperti diketahui, aksara tersebut menjadi basis dari kekayaan susastra Jawa yang penuh dengan local wisdom. Huruf-huruf tersebut pula yang digunakan untuk merekam sejarah masa lampau tanah Jawa.

Di Amanjiwo, arkeolog Goenawan Sambodo akan membawa Anda lebih dekat dengan pemahaman mengenai Aksara Jawa. Anda akan diajarkan cara membaca dan menulis menggunakan huruf tersebut dalam atmosfer menawan menghadap Candi Borobudur. Sajian kudapan dan teh pun akan menemani Anda menikmati momen tersebut.

Di Bali, pembalajaran aksara tradisonal melalui program Aksara bali Experience dapat ditemui di Amandari, Aman Villas Nusa Dua, dan Amankila. Sebagaimana Hancaraka di Jawa, aksara Bali merupakan rumpun Brahmi script yang termasuk sebagai golongan bahasa abugida. Rumpun bahasa ini banyak ditemukan di sesama kultur Asia Tenggara maupun Asia Selatan, seperti bahasa Bengali, Gujarati, Tibetan, Tamil, Burmese, Khmer, Thai, dan Lao.

Istimewanya, aksara Bali dan Jawa dikatakan yang paling kompleks dibanding sistem sejenis di Asia Tenggara. Huruf-huruf ini memainkan peran penting dalam upacara adat yang erat terkait dengan agama Hindu. Berlatar pemandangan indah di properti-properti Aman di Bali, Anda dapat mempelajari aksara bali dengan bimbingan tim ahli Basa Bali. Anda akan mengetahui perbedaan sistem consonants dan vowels yang diterapkan di bahasa tersebut. Tentu saja aneka kudapan tradisonal bali serta suguhan teh akan menemani momen spesial tersebut.