Wellness Lessons from the Japanese Meal

By Madelaine Angelina

Jepang adalah negara dengan tingkat obesitas terendah, serta salah satu negara dengan life expectancy tertinggi. Hal-hal tersebut dapat dicapai melalui pola makan mereka.

Bahan-bahan segar adalah salah satu kebanggaan dari makanan Jepang. Mulai dari rumput laut, makanan-makanan berfermentasi (seperti miso), hingga bermacam-macam pilihan ikan dan sayuran. Berbagai olahan kedelai juga kerap digunakan sebagai alternatif protein. Inti dari diet Jepang yang sehat adalah makanan-makanan bervariasi yang rendah kalori dan lemak saturat, tetapi kaya akan nutrien.

Minuman bergula tidak memilki popularitas tinggi di antara kalangan warga Jepang. Mereka lebih memilih air putih yang tidak mengandung kalori, dan teh hijau yang memiliki kandungan antioksidan tinggi.

And finally, Orang Jepang juga memiliki peribahasa yang berkata ‘hara hachibu’, yang dapat diartikan sebagai “Makanlah hingga Anda 80% kenyang.” Peribahasa tersebut tidak hanya memberi tekanan pada pentingnya portion control dalam diet sehari-hari, tetapi juga bahwa kita harus mensyukuri apa yang dihidangkan di piring kita.