Vegetarian Diet: Differences with Vegan, The Benefits, and What to Eat

Di tahun 2019 ini, pasti banyak dari Anda yang ingin hidup lebih sehat. How about looking at a vegetarian lifestyle?

 

Vegetarian vs. Vegan

Secara sederhana, diet vegetarian adalah pola makan dimana seseorang tidak mengkonsumsi produk daging merah, unggas, dan ikan. Mereka yang menyebut dirinya vegetarian mendapatkan asupan gizi mereka dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, umbi-umbian, dan biji-bijian. Ada beberapa variasi dari diet vegetarian, seperti lacto vegetarian yang masih mengkonsumsi produk susu dan ovo vegetarian yang masih mengkonsumsi produk telur. Ada beberapa alasan mengapa seseorang menjadi vegetarian, mulai dari alasan agama hingga kesehatan.

Sementara itu, diet vegan adalah versi diet vegetarian yang paling ketat. Mereka yang melakukan diet ini tidak menyantap produk turunan daging apapun, termasuk telur, susu, madu, dan gelatin. Pantangan tersebut dikarenakan oleh alasan kesehatan dan bagaimana mereka tidak ingin mendukung produk-produk yang didapatkan melalui animal slaughter.

 

The Nutrition and Benefits

Diet vegetarian ataupun vegan merupakan diet yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Resiko diabetes, penyakit jantung, dan kanker pun turun bagi para vegetarian. Berat tubuh juga cenderung lebih sehat dan ideal. Tetapi, diet ini juga memiliki resiko kekurangan zat besi, kalsium, zinc, dan vitamin D. Penganut gaya makan vegetarian harus memperhatikan apa zat gizi yang kurang mereka dapatkan, dan menggunakan suplemen untuk memenuhi kebutuhan tubuh mereka.

 

The Menu

Don’t worry, menjadi vegetarian bukan berarti hidup Anda hanya akan dihias oleh menu salad. Ada banyak menu menarik yang dapat Anda nikmati sebagai vegetarian, baik di restoran maupun sebagai masakan di rumah. Para vegetarian juga memiliki daftar bahan alternatif untuk produk daging yang tidak bisa mereka konsumsi, seperti:

– Susu sapi: susu kedelai, susu almond, susu kelapa

– Daging: jamur (memiliki rasa dan kekenyalan yang mirip), kacang-kacangan, kentang, terong, kelapa, bit, lentil, alpukat

– Madu/gula (biasanya mereka juga membatasi konsumsi gula): agave syrup, maple syrup

Tahu dan tempe adalah makanan Indonesia yang sangat ideal bagi kaum vegetarian dan vegan. Dua olahan kacang kedelai tersebut mengenyangkan seperti daging, dan memiliki kandungan protein yang cukup.

 

So, are you keen to change up your lifestyle?