Target Lancôme Wujudkan Visi Sustainability di Tingkat Global

A shift on global concern.

 

Lancôme meluncurkan global sustainability program pertamanya yang bernama “Caring Together for a Happier Tomorrow”. Seperti dilansir dari halaman Women’s Wear Daily, program ini berfokus pada biodiversitas dan inklusi sosial. Inisiatif dari brand milik L’Oréal tersebut dibangun berdasarkan tiga pilar utama yang diintegrasikan ke lifecycle produk-produk Lancôme, yakni melindungi biodiversitas, membantu orang-orang untuk berkonsumsi secara sustainable, dan memberdayakan perempuan.

Salah satu komponen dari program ini adalah “Bring the World to Bloom” yang fokus pada perlindungan biodiversitas, termasuk praktik agrikultur, formula dan packaging yang eco-conscious, serta pengaplikasian green science dan bioteknologi. Prinsip ini diwujudkan dalam penggunaan bahan mawar organik sebanyak 99% di produk makeup dan skincare Lancôme. Brand ini menargetkan untuk meraih angka 100% pada tahun 2025. Pada tahun target itu, 70% dari bahan-bahan produk akan datang dari sumber yang masih berlimpah maupun renewable, dan penggunaan recycled glass akan mencapai angka 30%.

Tumbuhan-tumbuhan yang menjadi bahan dari produk-produk Lancôme akan diekstraksi dengan metode baru menggunakan green chemistry untuk performa bahan alami yang optimal. Selain itu, Lancôme juga bekerjasama dengan National Museum of History di Prancis untuk melindungi 24 spesies tumbuhan yang terancam punah. Rencananya adalah untuk mengumpulkan benih-benih dari tumbuhan-tumbuhan tersebut, memasukkannya di seed banks, dan menumbuhkannya di laboratorium dan kebun eksperimental sebelum dikembalikan di habitat asal.   

Sementara itu, “Live Responsibly” dari program sustainability Lancôme bertujuan untuk membantu orang-orang beranjak ke pilihan sustainable consumption yang refillable, rechargeable, dan recyclable. Hal ini sesungguhnya sudah dipraktekkan selama 3 tahun terakhir. Contohnya pada capsule reload system di Lancôme Absolue Premium yang berhasil menghemat 250 ton kaca, cukup untuk merangkai 2 piramid Louvre. Per tahun 2023, separuh dari produk-produk Lancôme akan menjadi refillable dan rechargeable. Untuk pilar recycling, brand asal Prancis ini bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan seperti TerraCycle di Cina untuk mendaur ulang 2 juta unit produk Lancôme.

Di area women empowerment, inisiatif bernama “Write Her Future” diisi dengan berbagai program filantropi yang memberi akses untuk literasi, mentoring, dan kewirausahaan untuk kaum perempuan. Per 2022, diperkirakan akan ada 50.000 penerima program tersebut. Program berbasis country-to-country ini bertujuan untuk memberikan rasa kepercayaan diri kepada para kaum perempuan.