Restorasi Koloseum oleh Tod’s Ungkap ‘Locker Room’ Gladiator

Where the gladiators prepared. 

 

Sang Koloseum telah dibuka kembali setelah melewati restorasi baru oleh Tod’s. Pada tahun 2011 lalu, CEO Tod’s Group, Diego Della Valle, mengalokasikan 25 juta euro untuk merestorasi monumen bersejarah Roma tersebut. Hasil dari fase pertama restorasi telah terlihat di tahun 2016 melalui kerjasama dengan Archeological Heritage Department Roma, dan buah kerja dari fase ke dua telah dibuka untuk pertama kalinya pada tanggal 25 Juni lalu. It is the gladiator’s ‘locker room’.

Area hypogea yang merupakan hasil restorasi fase ke dua tersebut belum pernah dibuka untuk publik sebelumnya, bahkan di masa dimana Koloseum digunakan sebagai arena di zaman Romawi Kuno. Bisa disebut sebagai ‘locker room’, area ini terletak di bawah panggung utama dari amphitheater tersebut dan menjadi tempat dimana para gladiator berkumpul dan bersiap-siap sebelum menemui penonton yang bisa mencapai 75.000 orang.

Hypogea ini layaknya monumen di dalam monumen berupa sejumlah koridor dengan ruangan-ruangan bertembok yang mencapai luas lebih dari 1 hektar. Hypogea tersebut juga menunjukkan beberapa bukti dari teknologi Romawi, seperti mobile platform dan hand-operated wooden elevator yang digunakan untuk mengangkat kargo besar ke arena, misalnya peralatan panggung atau binatang liar.

Restorasi fase ke dua ini diselesaikan dalam waktu 4 tahun yang melibatkan kerjasama 81 orang, mulai dari arkeolog, arsitek, hingga pekerja konstruksi. Tod’s will also work on the third and final phase of the Colosseum’s restoration, which will include the restoration of the Colosseum’s second floor, overall structural reinforcement, and a new visitor center.