Pimpinan Divisi Seni Budaya Pertama Chanel

Who is Yana Peel?

 

It’s official: Yana Peel adalah Global Head of Arts and Culture pertama dari Chanel. Dalam posisi baru ini, Peel akan berbasis di London dan akan melapor langsung ke Alain Wertheimer, Chief Executive Officer dari Chanel. Peel akan mengekspansi kolaborasi Chanel dengan komunitas seni dan budaya, memimpin proyek-proyek baru yang berkaitan dengan bidang tersebut, serta memproduksi program-program kebudayaan Chanel.

Di realita seni Inggris, Peel dikenal menjabat sebagai Chief Executive Officer dari Serpentine Galleries sejak 2016 hingga 2019. Selama masa jabatannya di The Serpentine, ia mempromosikan inklusivitas di dunia kesenian, memperkuat etos “free art for all” serta memperkuat kerjasama dengan perusahaan fashion dan teknologi seperti Google Arts & Culture, Grace Wales Bonner, dan Roksanda.

Sebelum berkarir di Serpentine Gallery, Peel bersama mitranya mendirikan Outset Contemporary Art Fund. Ia pun pernah memegang posisi penting di Tate International Council, British Fashion Council, dan American Ballet Theatre. Peel juga merupakan direktur dari Intelligence Squared Group, sebuah forum untuk live debate, dan menjabat sebagai CEO-nya hingga tahun 2015.  Lahir di Russia, Peel memiliki gelar dari McGill University di Montreal dan gelar post-graduate dalam jurusan ekonomi di London School of Economics. Ia pertama memulai karirnya di Goldman Sachs.