Perpaduan Nuansa Urban dan Country di Burberry Fall/Winter 2022

Redefining the intangible concept.

Teks: Salsabila Ramadhani Sutantio

 

Setelah dua tahun lamanya, akhirnya Burberry kembali menggelar live runway collection yang sangat worth the wait. Bagaimana tidak, pada koleksi kali ini, Riccardo Tisci, direktur kreatif dari Burberry, terinspirasi dari suatu konsep yang intangible, tetapi diimplementasikan dengan rapi, terstruktur, dan hangat. Ia terinsipirasi oleh London – kota yang disebutnya “tempat impian”, dan rumah bagi Burberry selama lebih dari 130 tahun. Oleh karena itu, ia berupaya untuk memadukan referensi urban, country, dan tradisional dengan referensi modern, Burberry Fall Winter 2022 adalah perayaan atas “dualitas” dari budaya Inggris. 

Pada koleksi ini, Tisci menampilkan plaid pieces dan Oscar-material dresses. Burberry juga merilis kolaborasi dengan brand streetwear legendaris Supreme (do you hear the rumour that it’s sold out fast?). Dihadiri oleh Naomi Campbell, Carla Bruni, Kate Moss, dan bintang dari series hits Euphoria yakni Jacob Elordi, pertunjukan Burberry berlangsung di sebuah ruangan megah di Westminster Hall. Tidak lupa pula kejutan dari model fenomenal Gigi Hadid yang memutuskan untuk memangkas dan memutihkan rambutnya sebelum berlenggak lenggok di atas pagelaran. 

Burberry Fall/Winter 2022 ini bisa dideskripsikan dengan satu kata, yakni megah. Mulai dari venue, scoring, runway, dan pieces-nya yang grande dan tampak selaras dengan suasana.Tisci menghiasi modelnya dalam nuansa ikonografi kotak-kotak Burberry yang berukuran proporsional. Beberapa pieces ikonik seperti belted trench coats, oversized puffers, furs, dan set ready-to-wear yang bernuansa atletis mendominasi look yang ditampilkan.

Terdapat sweater wol abu-abu dihiasi dengan jeweled chain-link-metal, puffer vest tanpa lengan dibuat ber-layer dan diikat di bagian pinggang, laser-cut blazer dengan buttoned cuffs dibalut dengan thin hoods – memberi kesan fusion cultured yang melambangkan peradaban di Britania Raya. Tidak lupa pula sparkling facial accessories, trouser dengan potongan wide-legged, shearling caps, dan leather trainer sneakers juga menjadi highlight dari koleksi ini.

Burberry telah menjadi identik dengan menghadirkan esensi dari pakaian warisan British dan memadukannya dengan streetwear yang mewah. “The collection embodies an intangible essence that is Britishness, a unique fusion of honouring the beauty of the past, whilst also remaining focussed on the future with thankfulness, hope, and love,” ucap Tisci.