Penjelasan Dermatolog soal Jeda Waktu Aplikasi antar Produk Skincare

Is there an exact timing for it?

 

Ada berapa tahap beauty ritual Anda di pagi hari atau malam hari? Tentang pemakaian produk-produk perawatan kulit tersebut, Anda tentu menginginkan hasil maksimal. Salah satu pertanyaan yang kerap muncul terkait hal ini ialah berapa lama jeda yang diperlukan antar tiap penggunaan produk skincare agar didapat hasil terbaik.

Seperti dilansir dari halaman Allure, sayangnya tak ada magic number sebagai acuan pasti dari jeda waktu antar pemakaian produk-produk perawatan kulit saat melakukan rutinitas kecantikan. Hal ini dikarenakan tiap produk perawatan kulit memiliki lama waktu terserap ke kulit yang berbeda-beda bergantung pada formula di dalamnya, tipe produk, maupun kualitasnya.

Akan tetapi, meskipun tak ada satu aturan universal tentang lama jeda waktu antar pemakaian produk, memberi sela di antaranya memang disarankan. Kim Nichols dermatolog tersertifikasi dari Connecticut menganjurkan agar tiap produk perawatan kulit yang digunakan perlu sepenuhnya meresap ke kulit sebelum dilapisi dengan tahapan skincare selanjutnya. Hal ini menurutnya dapat mencegah terganggunya kerja tiap produk pada masing-masing tahap pemakaian “Certain product textures can roll up if you apply them immediately after one another,” jelasnya.

Para ahli dermatologi sepakat bahwa hal yang sesungguhnya juga penting selain jeda waktu antar penggunaan produk (yang berbeda-beda tergantung produknya) ialah urutan penggunaan produk. Board-certified dermatologist Dendy Engelman dari New York menjelaskan bahwa urutan penggunaan produk-produk skincare yang baik dimulai dari yang mengandung molekul terkecil hingga terbesar. “A good rule of thumb is to start with the lightest product and finish with the thickest, allowing each layer to be fully absorbed by the skin,” ucapnya.