Our Profound Conversation with Hennessy’s Fabien Levieux

By Citra Benazir

Pada suatu Kamis sore di Jakarta, The Editors Club bertemu dengan Brand Ambassador Hennessy, bernama Fabien Levieux, untuk berbincang mengenai brand-nya.

 

Sebelum kami mulai, kapan Anda tiba di Jakarta?

Kapan saya tiba? Saya tiba pada Selasa sore. Jadi, sangatlah baru, jadi masih merasa sedikit jet lagged.

 

Tetapi secara keseluruhan bagaimana Anda menikmati kota ini?

Sangat baik. Negara yang sangat menarik dengan orang-orang yang sama menariknya. Saya tidak sabar untuk kembali ke sini karena saya akan segera pergi. Saya akan berangkat pada hari Sabtu. Jadi, saya hanya akan tinggal di sini selama beberapa hari, berharap untuk menghabiskan lebih banyak waktu di sini lain kali.

 

Jadi, artinya ini pertama kali bagi Anda?

Ini adalah pertama kalinya saya di Indonesia. Ini adalah negara ke 41 yang saya kunjungi di dunia tetapi saya sangat menyukainya.

 

Baik, jadi mari kita bicara soal Hennessy. Kami mengerti Anda sudah bersama Hennessy selama lebih dari lima tahun…

Ya, akan menjadi tujuh tahun dalam beberapa bulan.

 

Apa alasan di balik keputusan Anda?

Ada dua aspek. Pertama, adalah cognac – minumannya tetapi juga kota dan wilayah tersebut. Kedua, adalah Hennessy Cognac. Keluarga saya selalu tertarik dengan gaya hidup, keahlian memasak, dan seni hidup, wine and spirits, jadi lebih merupakan budaya di antara keluarga dan teman. Inilah mengapa saya memutuskan pada usia muda untuk mengarahkan karier saya ke industri anggur dan alkohol. Untungnya, saya berakhir di dunia cognac dan setelah bekerja di beberapa rumah cognac yang lebih kecil, langkah logisnya adalah bekerja untuk Cognac House terbesar, rumah yang memiliki dan memasarkan cognac yang paling stabil, yang mana kualitasnya selalu sama dari tahun ke tahun, dekade demi dekade, dan itu adalah Hennessy. Menjadi pemain terbesar di dunia cognac adalah sesuatu yang sangat penting untuk kualitas cognac, tetapi juga konsistensi dan merupakan langkah logis untuk akhirnya bekerja di perusahaan ini.

 

Berbicara tentang itu, bagaimana menurut Anda Hennessy mempertahankan kualitasnya selama ini?

Sangat sederhana. Sangat mudah dimengerti tetapi sangat sulit untuk dilakukan. Saya suka membandingkan Hennessy The Maison dengan sebuah bar yang indah. Jika Anda ingin cocktail yang lezat, dan rasa yang sama, apa yang Anda butuhkan? Anda membutuhkan bartender yang hebat, bukan? Seorang laki-laki atau perempuan dengan keahlian luar biasa, pengetahuan luar biasa, dan ‘savoir faire’ kalau kata orang Prancis, dan itulah yang kami miliki. Kami memiliki delapan generasi master blender dari keluarga yang sama. Kami memulai pada tahun 1806, delapan generasi master blender yang mengendalikan kualitas, mengendalikan inventaris, dan semuanya karena bartender yang hebat itu, mereka juga membutuhkan bahan-bahan yang baik untuk membuat cocktail yang indah, itulah yang kami miliki.

Kami memiliki bilah paling indah yang pernah ada, terdiri dari lebih dari 400.000 barel, saya yakin sulit untuk mengatakannya tetapi sejauh ini mempunyai salah satu cadangan eau de vies yang paling baik di dunia, di wilayah Cognac. Maksud saya, ada 400.000 barel bahan eau de vies yang menunggu untuk dicampur dengan keterampilan dan pengetahuan dari delapan generasi master blender, itulah bagaimana Anda bisa mendapatkan ‘cocktail’ yang indah yang kita sebut cognac. Perpaduan cognac yang indah, dan bagaimana Anda dapat menjaga konsistensi dalam prototype campuran. Hennessy XO yang Anda rasakan hari ini, sama dengan Hennessy XO yang Anda rasakan 20 tahun lalu atau yang akan Anda rasakan 20 tahun dari sekarang. Konsistensi tidak hanya bergantung pada dua hal: keterampilan bartender, keterampilan master blender, tetapi juga persediaan bahan-baik yang baik.

 

 

Bgaimana partisipasi delapan generasi ini dalam proses penciptaan itu sendiri?

Para master blenders adalah ketua panitia. Ada dua keluarga, keluarga Hennessy, yaitu pemilik, orang-orang yang mengurus bisnis dan menumbuhkan maison itu sendiri dan para master blenders, delapan generasi master blenders. Master blenders telah benar-benar aktif dalam bekerja menuju kualitas dan konsistensi melalui panitia tersebut. Setiap hari mereka akan bertemu di ruang pencicipan dari jam 11 siang sampai kurang lebih jam 12.30 dan kemudian mereka akan mencicipi antara 40-60 bahan atau “eau de vies” yang berbeda, lalu mereka akan memutuskan apakah eau de vies telah mencapai titik kematangan atau tidak, jika sudah matang dan siap digunakan atau tidak, jika masih perlu lebih banyak waktu penuaan dan pematangan, dan mereka juga akan memutuskan pencampuran. Jadi, itulah yang mereka lakukan setiap hari selama satu setengah jam.

Selebihnya mereka memiliki pekerjaan lain, mereka bertanggung jawab atas anggur yang tumbuh, atau bertanggung jawab atas penyuling saran, atau yang bertanggung jawab atas distillery dan semuanya. Tetapi setiap hari selama satu setengah jam itu mereka mencicipi untuk menjamin konsistensi Hennessy Cognac. Tahun ini, kami akan mengirim 8 juta peti. Yaitu adalah 12 bungkus, sekitar 95 juta botol Hennessy, akan dikirim dari kota kecil Cognac, Prancis. Itu luar biasa, itu sangat besar bagi kami dan tentu saja semua botol itu harus memiliki rasa yang sama, harus mengikuti standar kualitas yang sama.

 

Sebelumnya, dalam contoh Anda, Anda mengatakan “Ketika seorang ‘laki-laki’ memesan…”. Hennessy selalu memiliki vibe maskulin, seperti apa pendapat Anda tentang hal itu? Apakah Anda setuju dengan itu atau tidak?

Tidak juga. Pada tahun 1980-an memang ada mitos-mitos dari istana Playboy dan lain-lain, sehingga itu adalah citra yang kami miliki, tetapi sekarang tentu saja kita tidak dapat berbicara tentang cognac hanya untuk laki-laki atau hanya untuk orang-orang Prancis berdasi biru, cognac pasti untuk semua orang. Istri saya misalnya, sangat suka cocktail Hennessy, selama musim panas dia mencintai Hennessy VSOP dengan ginger ale dan irisan jeruk nipis dengan es batu, sebuah minuman yang menyegarkan, jadi dia adalah peminum Hennessy. Dia suka sekali.

 

Menurut Anda, mengapa Hennessy telah begitu sukses dan menciptakan gaya hidupnya sendiri, bermitra dengan para rapper, karena kita tahu Nas telah bermitra dengan Hennessy selama lebih dari satu dekade. Jadi bagaimana menurut Anda budaya dari gaya hidup tersebut?

Bukan hanya karena satu faktor, alasan mengapa Hennessy sukses di seluruh dunia, terutama dengan budaya urban dan hip-hop, merupakan kombinasi dari banyak faktor. Nomor satu kualitas dalam botol tentu saja, nomor dua memiliki tim komunikasi dan pemasaran yang sangat baik dan kami telah bekerja sama dengan mereka selama lebih dari satu dekade.

Salah satu alasan mengapa kita besar dengan populasi urban dan hip-hop di Amerika Serikat juga karena seorang laki-laki, ia masih hidup bernama Herb Douglas. Laki-laki ini adalah seorang African-American yang sangat aktif terhadap komunitasnya, tahun ‘50-an dan ‘60-an, ia mulai beriklan dengan Ebony Magazine dan semua jenis majalah yang berbeda yang akhirnya menjadi salah satu alasan mengapa kami menjadi populer dengan populasi urban dan hip-hop. Maka pada tahun ‘70-an dan 80-an kita perlahan-lahan bergerak secara alami terhadap budaya urban dan hip-hop yang merupakan sesuatu yang kita sukai secara intensif. Nas telah menjadi pendukung terbesar kami selama bertahun-tahun dan kami sangat senang.

Di Amerika Serikat, yang menjadi referensi utama adalah sebuah Hennessy Cognac yang untuk saat ini belum tersedia di Indonesia, yaitu Hennessy Very Special. Setiap tahun, Hennessy Very Special berkolaborasi dengan seorang seniman dan kami meminta mereka untuk bekerja sama menciptakan special edition. Kami telah bekerja dengan orang-orang seperti Shepard Fairey, Ryan McGinness, Scott Campbell, dan yang terbaru VHILS, sehingga setiap tahun kami bermain dengan para seniman urban yang berbeda untuk mendesain label khusus dan saya yakin jika Anda mengunjungi situs Hennessy, Anda dapat melihat berbagai label khusus yang telah dibuat bersama kami, untuk kami, atau bekerja sama dengan kami, selama dekade terakhir.

 

Tidak ingin terdengar tidak orisinal, saya tahu Anda sering mendapatkan pertanyaan ini, tetapi bagaimana Anda menyukai Hennessy Anda?

Tidak, ini sebenarnya pertanyaan yang sangat bagus karena orang berpikir Hennessy Cognac, atau cognac pada umumnya harus dinikmati di depan perapian, pada tengah musim dingin dengan cerutu, tapi itu gambaran abad ke-20, cognac adalah pada intinya sebuah spirit, seperti rum, tequila, gin, scotch dan bourbon, bagaimana Anda menikmatinya bergantung pada momen tersebut, bergantung sedang berada dengan siapa, bergantung apakah itu sebelum atau sesudah makan malam, bergantung apakah itu sarapan siang pada hari Minggu atau barbecue dengan teman-teman sebelum makan siang, misalnya Hennessy dan ginger ale, atau cocktail klasik Hennessy VSOP sebelum makan malam, dan terlebih lagi pada musim dingin, saya suka Hennessy XO dan bisa menjadi sebagai ‘digestive’ setelah makan malam. Jadi ada banyak cara berbeda untuk menikmati Hennessy Cognac, tetapi yang penting untuk diingat adalah bagaimana Anda menikmatinya. Jika Anda tidak suka kekuatan alkohol begitu banyak, jika Anda berpikir 40% terlalu banyak untuk Anda tambahkan es batu, tambahkan ginger ale atau jus cranberry, air madu, apa pun yang Anda mau. Pastikan Anda menikmatinya.

 

 

Akan ada acara ‘Hennessy Pairing’ besok di Monty’s, apa pendapat Anda tentang cognac dan makanan?

Itu adalah subjek yang sangat sulit, perpaduan dengan makanan bisa sangat menantang, Anda dapat membayangkan jumlah budaya di dunia dan setiap budaya memiliki banyak jenis makanan, jadi untuk memasangkan cognac dengan satu jenis makanan, jika Anda mengubah satu ‘flavor profile’ rasa mungkin berubah, mungkin berhasil mungkin juga tidak. Yang penting untuk dipahami adalah cognac harus selalu dinikmati sebagai bumbu, bukan sebagai minuman. Sama seperti misalnya Anda tidak mungkin mengonsumsi banyak garam, tetapi dengan hanya sedikit garam akan berdampak bagus, hal yang sama dengan cognac. Jadi yang penting adalah, Anda memiliki segelas air di sebelah Anda dan Anda menggunakan cognac sebagai bumbu hanya untuk melihat apakah itu baik untuk dipasangkan, jika tidak sesuai dengan baik, ubah hidangan Anda.

 

Bagaimana sejauh ini menjadi Duta bagi dunia cognac?

Benar-benar menyenangkan bertemu orang-orang, karena Anda selalu bisa bertemu budaya baru dan orang baru. Mengunjungi suatu tempat pada waktu tertentu, saya yakin bahwa Jakarta 20 tahun yang lalu terlihat sangat berbeda dan saya yakin Jakarta 20 tahun dari sekarang akan sangat berbeda. Jadi, jika saya datang kembali 20 tahun dari sekarang – saya berharap saya akan kembali lebih cepat dari itu – saya yakin kita akan melihat perbedaan besar. Setiap kali menemukan bagian lain dari budaya adalah apa yang membuat pekerjaan saya sangat menyenangkan dan melihat percikan di mata orang ketika Anda memberitahu tentang Hennessy Cognac dan seluruh dunia yang bergelut di sekitar pencicipan cognac, karena pada akhirnya yang kami tawarkan adalah untuk menunjukkan mimpi, perasaan melalui pencicipan adalah keindahannya.

 

Untuk mengakhiri perbincangan kita, Anda pernah menyatakan bahwa “Hennessy is an art of living“, saya ingin menutup dengan menanyakan gambaran situasi yang paling ideal dan lokasi yang paling sempurna di mana Anda bisa menikmati Hennessy?

Jadi, ketika Anda mengutip saya mengatakan “Hennessy is an art of living”, Anda juga dapat mengutip saya sedang mengatakan bahwa kesenangan dari hidup terletak dalam variasi, sehingga ketika menikmati Hennessy dan ginger ale, jeruk nipis, dan es batu di hari musim panas yang indah, menonton sebuah pertandingan dengan gaya bisa menjadi suatu momen besar. Bisa juga untuk menikmati Hennessy XO di dalam suasana gelap yang indah baik setelah makan malam atau sedang bersantai di klub jazz, itu sama-sama momen-momen yang menyenangkan, tetapi sangat berbeda. Jadi, jangan makan makanan yang sama setiap hari, hal yang sama, jangan menikmati cognac yang sama setiap hari, nikmati secara berbeda, Anda lakukan apapun yang Anda inginkan, sekali lagi hidup itu singkat. Ya, kesenangan hidup terletak pada variasi tidak ada satu cara sempurna untuk menikmati cognac, cara sempurna adalah yang Anda putuskan.

 

Kami pasti akan menikmati Hennessy dalam berbagai cara setelah ini! Terima kasih banyak atas waktu Anda.

Dengan senang hati!

 

*Tips untuk menyembuhkan flu oleh Fabien Levieux:
  1. Buatlah teh hangat sesuai selera Anda
  2. Tambahkan tuangan Hennessy Cognac secukupnya
  3. Jika Anda inginkan, tambahkan bahan-bahan pelengkap seperti madu, gula atau jeruk nipis.
  4. Tidur sepanjang hari
  5. Anda akan bangun merasakan perubahan yang sangat memulihkan.

 

Baca tentang proses pembuatan Hennessy di sini.