Mengenal 5 High Watchmaking Brands dari Luar Swiss

High watchmaking around the world.

Teks: Salsabila Ramadhani

 

Swiss dikenal sebagai kiblat mechanical luxury watches. Asosiasi ini telah berlangsung selama kurang lebih dua abad terakhir. Negara ini telah memproduksi banyak kreasi jam tangan mekanik dari berbagai brands. Akan tetapi, bukan berarti tak ada nama-nama label jam tangan berkualitas yang muncul dari belahan bumi lain. Brand-brand berikut ini mewakili keahlian pembuatan jam yang tak kalah saing dengan Swiss craftsmanship.

Grand Seiko (Japan)
Grand Seiko merupakan sub brand dari Seiko yang sejak tahun 1960-an hingga hari ini telah menjadi bukti nyata bahwa untuk membuat mechanical watch yang luar biasa tak selalu harus berada di Swiss. Yang membuat mereka begitu menarik bukan hanya kualitasnya yang sangat baik, tetapi juga nafas Jepang yang kuat. Brand ini melahirkan kreasi jam tangan Jepang pertama yang memenuhi standard of excellence dari Bureaux Officiels de Controle de la Marche des Montres. Semua elemen jam tangan ini dibuat secara in-house di Jepang.

A Lange & Söhne (Germany)
Didirikan pada tahun 1845 oleh Ferdinand Adolph Lange di kota Glashütte, Jerman, brand ini awalnya memproduksi pocket watches. Kemudian, selama Perang Dunia II, brand ini mulai memproduksi jam tangan untuk angkatan udara Jerman. Setelah perang berakhir pada tahun 1948, properti perusahaan disita oleh pemerintah Soviet, yang menyebabkan penghentian operasi. Beruntung bagi kolektor jam tangan, pada tahun 1990 setelah runtuhnya tembok Berlin, cicit Ferdinand memutuskan untuk meluncurkan kembali perusahaan tersebut. Memproduksi timepieces dalam jumlah tergolong terbatas, setiap jam brand ini dibuat dengan 2 kali perakitan (rakit ulang) untuk mendapat kualitas terbaik. Salah satu kekhasan yang banyak ditemui di jam tangan brand ini adalah three-quarter plate style.

Panerai (Italy)
Berbeda dari brand lainnya, Panerai merupakan salah satu brand dengan asal usul public service heritage yang kuat. Pada tahun 1860, Giovanni Panerai mendirikan perusahaan manufaktur jam tangan di Florence, Italia, yang menjadi pemasok jam tangan untuk Angkatan Laut Italia.  Atas kepentingan tersebut, jam tangan Panerai dikenal dengan unparalleled legibility dan luminosity in the dark yang sangat reliable, termasuk di saat Anda berada pada harsh environment dengan tekanan air yang tinggi saat diving. Pada tahun 1997, merek ini diakuisisi oleh Richemont Group dan diluncurkan di pasar internasional. 

Bremont (Britain)
Brand asal Inggris ini adalah brand yang relatif muda yang berdiri sejak tahun 2002. Terinspirasi  kuat oleh militer, Bremont didirikan oleh dua bersaudara, Nick dan Giles English, yang merupakan pilot dan berbagi hobi dalam memulihkan arloji mekanis. Mereka memulai perusahaan untuk memberi penghormatan kepada mendiang ayah mereka, mantan pilot Royal Air Force. Bremont telah menciptakan sejumlah jam tangan edisi khusus untuk melayani anggota atau mantan anggota angkatan bersenjata, berdasarkan model komersialnya. Pembelian jam tangan ini dibatasi untuk pihak-pihak dan individu yang pernah terbang dengan pesawat tertentu, bertugas di unit militer tertentu, atau bertugas di kapal perang tertentu. Bremont merupakan exclusive watch provider untuk Ministry of Defence of United Kingdom.

Bell & Ross (France)
Estetika bergaya cockpit menjadi jantung dari Bell & Ross dan membuatnya mereka menonjol di industri ini. Apabila Anda merupakan seorang aviation geek, maka brand ini tepat untuk menghiasi pergelangan tangan Anda. Brand ini lahir dari Bruno Belamich (Bell) dan Carlos A. Rosillo (Ross) pada tahun 1992. Fasilitas produksinya berlokasi di La Chaux-de-Fonds. Berkat kualitasnya yang terpercaya, brand jam tangan ini dipilih oleh French Air and Space Force menjadi official watchmaking partner untuk French Acrobatic Patrol.