Louis Vuitton Cruise 2022, Imajinasi Menuju Angkasa Luar

Imagining a space conquest.

 

Sebagai sebuah rumah mode yang sejak lahir lekat dengan dunia travelling – trunk adalah produk andalannya – tak mengherankan bila koleksi-koleksi cruise Louis Vuitton tampak begitu eksploratif. Baik dalam hal inspirasi maupun desain. Untuk Cruise 2022, Nicolas Ghesquière menyentuh ide menuju ruang angkasa.

Instalasi seni Axe Majeur karya mendiang seniman Israel, Dani Karavan, menjadi latar dari show koleksi tersebut. Berada di luar Paris, karya arsitektural sepanjang 3,2 km yang dibangun pada tahun 1989 tersebut dilihat sebagai penopang ide space travel yang membentuk koleksi Cruise 2022. “I see this axis as if it were a succession of doors leading elsewhere. Portals that open to other eras and places,” ucap Ghesquière mengenai tempat yang pada koleksi ini dilihat sebagai utopia cantik untuk melampaui atmosfer menuju infinity.

Sebagaimana setting acaranya yang tampil grafis, siluet-siluet pada koleksi ini pun dominan bersifat geometris. Garis-garisnya hadir tegas, sementara lekukan-lekukan yang ada tampak dikreasikan mengikuti formula matematis, seperti kantong bentuk lingkaran maupun skema godet rupa tabung. Sebagian pieces jelas mengambil referensi marching band dengan seragamnya yang diinterpretasi secara lebih semarak dan rekonstruktif. Warna menjadi aspek signifikan dalam membentuk karakter koleksi menjadi daring dan tak muram. Sang creative director tampak berani untuk menabrakkannya.

Secara visual, Anda bisa membayangkan pieces pada koleksi ini seolah berasal dari dunia sci-fi mengenai interaksi antar galaksi. Akan tetapi, Ghesquière tampaknya lebih menekankan soal bagaimana nantinya manusia dapat menduduki planet-planet lain sebagai alternatif masa depan Bumi. Hal ini terwujud pada percampuran antara gambar-gambar kosmik dengan keseharian di Bumi. Planet-planet tampak bersanding dengan lapangan basket hingga motel signs.

I don’t know why, but it was always an obsession to reflect on futurism, space conquest, and what we might call ‘the space colony’. The titans of the world are investing in it, and what looked unreal in the past is now bringing us closer to space,” ucap Ghesquière kepada British Vogue.