Langkah Alila Villas Uluwatu Terapkan Asas Sustainability

Eco-conscious staying experience.

 

Dari waktu ke waktu, perhatian terhadap lingkungan bukan hanya menjadi gelombang tren semata melainkan sebuah kebutuhan dengan tingkat urgensi yang semakin tinggi. Konsiderasi terhadap sustainability di segala aspek kehidupan menjadi syarat bagi kelangsungan hidup berkualitas dari penduduk Bumi. Tak terkecuali untuk wilayah travelling. Alila Villas Uluwatu sejak berdiri memang dimaksudkan untuk menjadi model dari sustainable design dan responsible tourism.

Sustainability is at the heart of everything we do and for us it is the new luxury. We feel that the modern-day luxury traveller is looking for sustainability in travel and to contribute in some form or the other to the environment and the community,” ucap Hemal Jain, general manager dari resort dengan sertifikasi platinum EarthCheck tersebut. Asas sustainability dapat ditemukan di berbagai aspek dari properti ini. Ventilasi alami dihadirkan secara optimal yang sekaligus menjadi cara untuk mengekspos pemandangan samudra yang indah. Batuan lava yang alami banyak dijumpai di Uluwatu menjadi bagian dari mekanisme insulasi natural sehingga konsumsi energi untuk keperluan air-conditioning menjadi minimal.

Ekosistem natural dari area resort pun dipreservasi dengan menanam tumbuhan-tumbuhan lokal di sebuah site nursery yang sekaligus menjadi support untuk kehidupan hewan termasuk burung-burung lokal. Environmental footprint juga menjadi salah satu bagian dari konsiderasi lingkungan resort ini. Di Alila Villas Uluwatu  Anda bisa menghilangkan dahaga dengan meminum air yang telah dipurifikasi dan kemudian disimpan di botol kaca reusable. Inisiatif ini telah secara signifikan mengurangi sampah plastik di properti tersebut. Tak hanya itu, sarana akomodasi yang desainnya berharmoni dengan alam savanna di sekitarnya ini juga merupakan pioner di Bali dalam mengganti amenities berbasis plastik dengan yang bersifat biodegradable serta compostable, mulai dari sedotan bambu hingga dental kits.

Untuk Anda sebagai pengunjung, jangan lewatkan kesempatan untuk mengetahui lebih lanjut perihal sustainability properti ini dengan mengunjungi Sustainability Lab. Di laboratorium tersebut, semua aliran sampah ditransformasi menjadi produk dan jasa bernilai tinggi melalui serangkaian proses mekanis dan sistem biological engineering. Contohnya adalah daur ulang kaca dan transformasi sampah organik menjadi pupuk kompos untuk digunakan di kebun organik yang menyuplai bahan-bahan segar untuk dapur resort ini. Menariknya lagi, di kebun tersebut, Anda dapat mengikuti in-house chef untuk merasakan pengalaman garden-to-table journey sambil mempelajari resep-resep tradisional. Bicara terkait kuliner di resort ini, Anda tak perlu ragu karena Executive Chef Ivan Alvarez yang merupakan ISSA-certified specialist di bidang sports nutrition dan memiliki pengalaman kerja di resto berbintang tiga Michelin El Bulli akan mengkreasikan ragam menu yang environmentally conscious dan health conscious.

Tak hanya peduli dengan alam sekitar, Alila Villas Uluwatu pun menaruh perhatian pada pengembangan komunitas lokal. Hal ini diwujudnyatakan melalui program Gift to Empower. Dalam spirit giving back, 5% dari tarif per malam vila akan didonasikan kepada R.O.L.E Foundation. Organisasi tersebut bekerja untuk memutus rantai kemiskinan dengan cara memberdayakan perempuan melalui pembekalan skill dan edukasi bisnis. Jika Anda memilih untuk mengikuti progrma Gift to Empower tersebut, Anda akan mendapat daily breakfast beserta satu three-course dinner untuk 2 orang dan mengikuti sebuah kunjungan ke foundation tersebut untuk merasakan pengalaman bersama komunitas lokal. With Alila Villas Uluwatu, you’ll enjoy a staying experience that contributes to the environment and local community.