Koleksi Kapsul Pertama Kenzo di bawah Arahan Nigo

Simple yet romantic.

 

Ketika September 2021 diumumkan bahwa Nigo menjadi Artistic Director Kenzo, sambutan positif disampaikan oleh dunia mode. Pasalnya, bukan sekadar perihal kedua desainer berasal dari Jepang, melainkan tentang spirit Nigo yang memang cocok dengan DNA brand Kenzo. Nigo dan Kenzo Takada – yang meninggal akibat Covid-19 di 2020 – merupakan dua figur yang datang dari “luar” realita mainstream mode namun mampu membawa koleksi dengan energi kuat dan attitude ekstentrik.

Lebih dahulu muncul dengan label hits A Bathing Ape, Nigo yang juga merupakan DJ dan record producer dikenal sebagai streetwear designer yang menciptakan karya-karya nan cool lewat permainan graphic art. Namun ia mengejutkan fashion society ketika kolaborasinya bersama Virgil Abloh untuk Louis Vuitton tampil dengan nuansa dandy yang kental. Kreatifitas ini lah yang dilihat begitu menjanjikan bagi label Kenzo yang sebelumnya dikepalai oleh Felipe Oliveira Baptista.

Tak lama setelah Kenzo merilis koleksi debut di bawah arahan Nigo di Paris Fashion Week Men’s pada Januari lalu, label ini meluncurkan koleksi kapsul kreasi Nigo untuk musim Spring/Summer 2022. Berbeda dengan koleksi Fall/Winter 2022 di fashion week yang memadukan nuansa workwear, tailoring, dan streetwear, koleksi kapsul Spring/Summer 2020 tampil lebih kasual. Sesuai namanya, “Boke Flower Collection”, koleksi ini menghadirkan elemen bunga Japanese quince – disebut kusa-boke (草木瓜) di Bahasa Jepang – dalam warna merah.

Selain sebagai sebuah sambutan terhadap musim semi, penggunaan elemen bunga tersebut juga dimaksudkan untuk menjadi penghargaan bagi Kenzo Takada. Koleksi yang rilis pada awal Februari ini terdiri dari 2 set berisi 5 pieces, masing-masing untuk laki-laki dan perempuan namun sesungguhnya memiliki karakter genderless. Pemilihan kuantitas tersebut berhubungan dengan arti nama Nigo yang terdiri dari “Ni” berarti “dua” dan “Go” berarti “lima”.

Oversized sweaters, cardigans, shirts dipadankan dengan cargo trousers dan skirt berbahan Japanese washed cotton twill. This capsule collection appears like a light “appetizer” to the full collection of Fall/Winter 2022. It’s super simple with a touch of refine romanticism.