Koleksi Baru Dior Maison, Lily of the Valley dalam Tradisi Prancis Bulan Mei

Symbolizing luck, happiness, and prosperity.

 

Pada abad ke abad ke-16, sebuah tradisi unik di mulai di Prancis. Kala itu, Raja Charles XI mendapat hadiah sekumpulan bunga lily of the valley sebagai perlambang keberuntungan dan kesuksesan di masa mendatang. Menyukai ide tersebut, sang raja pun memutuskan untuk memberikan bunga lily of the valley kepada pada courtesan di istana setiap tanggal 1 Mei. Tradisi memberi bunga lily of the valley kepada orang-orang tercinta pada hari pertama di bulan Mei berlanjut hingga masa modern. Begitupun dengan makna simbolik keberuntungan dan kebahagiaan yang ada di dalamnya. Tak luput dari tradisi ini ialah desainer Christian Dior yang terkenal superstitious.

Selain memberi bunga itu kepada seamstress maupun klien setiap 1 Mei, Dior pun meminta florist untuk menanam lily of the valley di sebuah rumah kaca agar bisa dapat selalu mengambilnya untuk dikenakan di buttonhole dari baju yang ia pakai atau dijahit di bagian hem. “He was extremely superstitious, so lily of the valley was his good-luck charm.” ucap Cordelia de Castellane, Artistic Director Dior Maison, seperti dikutip dari situs WWD. Kini dengan kondisi para pekerja melakukan work from home, tradisi pemberian lily of the valley pun tak bisa dilangsungkan. Akan tetapi, Dior memiliki cara lain dalam merayakan La Fête du Mugue, yakni dengan merilis tableware bertema lily of the valley rancangan de Castellane.

Meskipun Dior sudah merilis benda-benda porselen dengan motif bunga itu sejak tahun 50’an, de Castellane memberikan interpretasi yang lebih fresh dan modern pada karya-karyanya. Menggunakan material Limoges porcelain, dinner set ini terdiri dari piring, gelas hand-painted dan engraved, decorative baubles dari kaca, dan decanter. Hijau dan putih menjadi palet dari koleksi yang sebagiannya berhias guratan ala pensil seperti pada seni kerajinan toile de jouy. Koleksi tableware ini tersedia di situs e-commerce Dior dan Dior Maison store di seluruh dunia.