Iwa 5, Artistry Baru Dunia Sake, Resmi Hadir di Indonesia

The new paradigm of sake.

 

Sudah cukup umum untuk diketahui bahwa Sake jenis tertentu akan disajikan dengan temperatur tertentu untuk mendapat rasa optimal. Akan tetapi sebuah pengalaman baru dihadirkan oleh IWA 5. Dalam sebuah¬†dinner¬†di Okuzono beberapa waktu lalu, sake IWA 5 Assemblage 1 disajikan dalam suhu berbeda ketika dipadankan dengan menu berbeda. Hasilnya adalah ragam karakter sake yang tercipta tanpa menurunkan kualitas rasanya; as if it‚Äôs a ‚Äúmagical‚ÄĚ sake. This dinner marked the launch of IWA in Indonesia.

IWA 5adalah brand¬†sake buah karya Richard Geoffroy yang sebelumnya merupakan chef de cave¬†dari Dom P√©rignon. Setelah 28 tahun berkarir untuk champagne¬†legendaris tersebut dan berhenti pada tahun 2019, figur berusia 60-an itu memilih untuk mulai menekuni kegemarannya akan sake. Saat The Editors Club menghadiri undangan makan malam peluncuran IWA 5 di Indonesia, Richard secara langsung menyapa para tamu melalui¬†teleconference¬†dan memaparkan formula di balik ‚Äúkeajaiban‚ÄĚ IWA 5.

Dibuat di Shiraiwa (berarti white rock), sebuah kura atau brewery karya arsitek ternama Kengo Kuma yang berada di kota Tateyama di prefecture Toyama, IWA 5 mengusung konsep assemblage (bukan single brew). Beras yang digunakan untuk sake ini terdiri dari 3 varietas, yakni Yamada Nishiki, Omachi, dan Gohyakumangoku. Sementara untuk yeast yang digunakan tediri dari 5 strains. Tak hanya soal material, metode brewing sake ini pun mengkombinasikan 3 metode tradisional dan sebuah metode baru. Ini membuat IWA 5 sebagai sebuah artistry baru di dunia sake, yang melengkapi aspek rice polishing sebagai paradigma utama.

Dalam menciptakan IWA 5, Richard yang menginjak Jepang perdana pada tahun 1991 itu menggandeng Ryuichiro Masuda yang adalah CEO dari Masuda Shuzo, sebuah perusahaan sake yang berdiri sejak 1893. Nama lain yang terlibat dalam kelahiran IWA 5 adalah desainer Marc Newson yang merancang botolnya dengan mereinterpretasi wadah tradisional sake.

IWA 5 yang diimpor dan didistribusikan PT Pantja Artha Niaga tersedia secara eksklusif melalui www.minuman.com dan selected top restaurants di Indonesia.