Hybris Mechanica Calibre 185, Cermin Kompleksitas Semesta

A masterpiece from Jaeger-LeCoultre.

 

Bereksistensi selama 188 tahun sejak 1833, perjalanan Jaeger-LeCoultre diisi oleh ragam inovasi. Reverso adalah bukti nyata yang hingga 90 tahun sejak perdana dihadirkan di tahun 1931 tetap menjadi salah satu iconic watch dunia.

Desain unconventional berpadu practical approach perihal fungsi menjadi latar belakang lahirnya seri ikonis Jaeger-LeCoultre Reverso. Di tahun 1930 bermula dari keinginan pengusaha César de Trey untuk memiliki jam tangan yang dial-nya aman dari benturan ketika digunakan berolahraga polo. Atas dasar tersebut ia mendekati Jacques-David LeCoultre dan firma berbasis Paris, Jaeger SA untuk mewujudkan keinginannya. Keduanya pun setuju dan menggandeng René-Alfred Chauvot untuk mendesain case yang dapat diputarbalik sehingga lahirlah Reverso.

Sepanjang perjalanannya, seri Reverso pun berkembang dengan ragam komplikasi. Kini Jaeger-LeCoultre merilis Reverso Hybris Mechanica Calibre 185 Quadriptyque. Seri ini lebih dari sekadar penunjuk waktu, namun penginformasi jagat raya. Butuh durasi riset selama 6 tahun hingga akhirnya Reverso Hybris Mechanica Calibre 185 Quadriptyque dirilis. Ini adalah Reverso paling rumit yang pernah dibuat, dan memiliki 4 functioning display faces. Terdapat total 11 komplikasi dengan 12 hak paten pada jam tangan ini. Reverso Hybris Mechanica Calibre 185 Quadriptyque mengkombinasikan keahlian Jaeger-LeCoultre dalam mekanisme chiming, tingkat presisi, fitur astronomi, hingga desain yang ultra-compact.

Salah satu keunggulan jam tangan ini adalah flying tourbillon yang berada di posisi angka 7 pada recto face. Pada face ini terdapat pula perpetual calendar yang menampilkan tanggal secara akurat, termasuk pada tahun kabisat yang terjadi 4 tahun sekali dengan tanggal 29 pada bulan Februari. Perpetual calendar ini hadir di posisi angka 5. Kekuatan lain dari timepiece ini adalah mekanisme denting yang complicated. Pada verso face, musical chiming yang mengindikasikan  hours-quarters-minutes tersebut tercipta dari susunan elemen silent chime governor (dipatenkan pada 1895 untuk mengeliminasi buzzing noise), crystal gongs dimana repeater gongs tertempel langsung pada sapphire crystal untuk mendapat properti akustik optimal, hingga trebuchet hammers yang menghasilkan suara gong yang jernih dan kuat.

Di antara berbagai strength points pada jam tangan ini, fitur yang berkaitan dengan dunia astronomi tentu mendapat spotlight. Untuk pertama kali dalam sejarah horologi, Jaeger-LeCoultre menyatukan 3 display perihal lunar info, yakni synodic cycle, draconic cycle, dan anomalistic cycle dalam sebuah jam tangan. Fungsi ini terdapat pada face bagian cradle dari Reverso Hybris Mechanica Calibre 185 Quadriptyque yang mampu mengindikasikan masa gerhana bulan maupun matahari, bahkan juga fenomena supermoon. Pada exterior face dari cradle terdapat representasi fase bulan di Southern Hemishpere, yang sangat jarang ditampilkan pada jam tangan umumnya.

Hadir dengan case bermaterial white gold, jam tangan dengan manually wound movement ini memiliki kapasitas power reserve sebesar 50 jam dan water resistance hingga 30 meter. Dipadankan dengan blue alligator strap, jam tangan ini tersedia dengan presentation box nan exceptional berkemampuan untuk mempermudah proses setting kalendar dan display astronomi setelah lama tak digunakan. Jaeger-LeCoultre Reverso Hybris Mechanica Calibre 185 Quadriptyque dibuat terbatas hanya sebanyak 10 pieces.