How to Improve Sleeping Habit without Medication?

Have a new habit.

 

Tidur adalah sesuatu yang berharga. Ada kalanya kita merasa susah untuk cepat terlelap atau kadang masih terjaga lewat tengah malam. Tetapi bagaimana bila beberapa malam tersebut berubah menjadi hitungan minggu, bulan, atau bahkan tahun? Insomnia akan meninggalkan dampak pada kesehatan mental dan fisik. 

Kathryn Pinkham adalah seorang sleep specialist pendiri The Insomnia Clinic – layanan spesialis insomnia terbesar di Inggris. Seperti dikutip dari situs Cosmopolitan, berikut ini adalah beberapa pelajaran dari program Cognitive Behavioural Therapy for Insomnia (CBT-i) yang direkomendasikan Pinkham; yakni metode long-term treatment untuk masalah tidur tanpa menggunakan obat-obatan.

 

Bedroom means sleeping room
Menonton Netflix, membuka Instagram, dan segala jenis wakeful activities di tempat tidur akan memperburuk pembentukan mood tidur. Pinkham menyarankan untuk menggunakan ranjang hanya bagi kepentingan tidur. Lepaskan kamar tidur dari aktivitas-aktivitas yang membangkitkan konsentrasi pikiran. 

Avoid checking time
Kerap melihat jam untuk menghitung berapa lama waktu yang Anda miliki atau perlukan sebelum bangun? Melihat jam membuat Anda terpacu untuk mencapai target tidur sehingga menyebabkan jantung dan otak bekerja lebih, padahal yang Anda perlukan untuk tidur sesungguhnya adalah psikis yang tenang.

Have healthy routine
Sangat penting untuk mendapatkan sinar matahari cukup di pagi hari dan juga udara segar, olahraga, dan air. Semakin aktif rutinitas sehat yang Anda lakukan, semakin bagus rutinitas tidur Anda.

Good sleep hygiene
Suasana nyaman untuk tidur adalah sesuatu yang penting tapi sering terabaikan. Bagaimana dengan kamar yang rapi, kasur yang nyaman, lampu redup, suhu sejuk, dan bahkan sepasang ear-plugs untuk menutupi suara bising? Selain itu, Pinkham juga menyarankan untuk tidak mengkonsumsi kafein setelah jam 4 sore.