‘Eterotopia’, Pameran Gucci di Seoul Bisa Dinikmati secara Virtual

Exploring the artistic form of utopia.

 

Akibat pandemi coronavirus, berbagai kegiatan termasuk seni terpaksa dihentikan sementara. Salah satu art event yang terdampak situasi ini adalah pameran yang diinisiasi Gucci. Berjudul “No Space Just a Place – Eterotopia”, eksibisi itu seharusnya berlangsung pada 12 Maret – 15 Juni 2020. Sebagai alternatif, masyarakat yang ingin menikmati karya-karya seni dalam pameran itu kini bisa memanfaatkan virtual tour di link nospacejustaplace.gucci.com/en.html#360tour yang tersedia hingga 17 Juli 2020.

Kata ‘Eterotopia’ dalam judul pameran yang dikurasi oleh Myriam Ben Salah ini merupakan gabungan kata Yunani ‘etero’ yang berarti “lain” atau ‘berbeda’ dan ‘topos’ yang artinya ‘tempat’ atau ‘ruang’. Ialah Creative Gucci Alessandro Michele yang mencetuskan ide membuat pameran dari hasil refleksinya mengenai dunia alternatif nan utopis dimana didalamnya terdapat gagasan-gagasan baru dan beda dari narasi-narasi besar masa kini. Dalam pameran ini Anda akan melihat interpretasi artistik para seniman mengenai dunia “baru” yang mereka aspirasikan; yang menyentuh isu kebudayaan dan kemanusiaan, seperti identitas, gender, rasisme, kekuasaan dan sebagainya.

Betempat di 3 lantai gedung Daelim Museum, Seoul, Korea, pameran tersebut juga menampilkan karya-karya dari independent art spaces yang diundang untuk turut berpartisipasi. Kesepuluh art spaces tersebut adalah Audio Visual Pavilion, Boan1942, D/P, Hapjungjigu, OF, Post Territory Ujeongguk, Space Illi, Space One, Tastehouse dan White Noise.