Eksplorasi Teknis dan Sisi Glamor Koleksi Jam Tangan Baru Bulgari

The stones and the sound.

 

LVMH Watch Week yang diadakan pada awal tahun menjadi jendela untuk melihat kreasi-kreasi jam tangan baru buatan berbagai brand di bawah naungan luxury group tersebut. Saat tiba giliran Bulgari yang mempresentasikan koleksinya, curahan keglamoran merupakan sebuah hal yang sudah bisa diperkirakan sebelumnya. Maison asal Italia ini selalu menyuguhkan kreasi-kreasi penuh nuansa opulent.

Di puncak paling atas kemewahan Bulgari terdapat Serpenti Misteriosi. Ini adalah salah satu ikon Bulgari yang kini menginjak usia 80 tahun. Untuk tahun ini, Bulgari membawa inovasi dalam hal ukuran movement. Dengan desain merujuk pada kreasi-kreasi secret watches Bulgari di era 50’an, rangkaian jam tangan Serpenti Misteriosi terbaru hadir dengan mechanical calibre berukuran mikro. Dalam 4 kreasi terbaru yang memiliki dial berbentuk rectangular tersebut tersemat Piccolissimo mechanical movement.

BVL 100 Piccolissimo calibre yang diproduksi di Bulgari Manufacture di le Sentier, Swiss, memiliki diameter hanya 12,3 mm, tebal 2,5 mm, dan berat 1,3 gram. Berhias berlian, emas, lacquer, dan batu permata, Serpenti Misteriosi terbaru tampil colourful. Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih fokus kepada kemewahan precious stones, maka kreasi yang bisa menjawab keinginan Anda adalah Serpenti Misteriosi Romani. Berbekal Quartz movement sebagai penggeraknya, jam tangan ini adalah salah satu yang termahal yang pernah dibuat Bulgari. Berlian dan safir Sri Lanka menjadi bintang dari kreasi ini. Untuk nuansa yang lebih tone down, Bulgari merilis koleksi baru Serpenti Seduttori dan Serpenti Tubogas.

Lini lain Bulgari yang dipresentasikan pada LVMH Watch Week 2022 adalah Lvcea. Sejak perdana diperkenalkan ke publik, Lvcea timepiece yang berbentuk bundar memiliki inspirasi dasar sundial atau jam matahari dari budaya Romawi kuno. Model-model baru tahun ini memperkaya inspirasi itu dengan variasi warna dan arsitektur dial tiga dimensi. Kini, jam tangan Lvcea terdiri dari varian dengan dial dari pink mother-of-pearl serta aventurine. Craftsmanship terlihat pada dial yang memiliki motif Intarsio.

Pada lini Octo Roma, Bulgari mengeksplorasi kemahirannya dalam hal chiming watch. Terdapat dua kreasi yang dipersembahkan untuk tahun ini, yakni Octo Roma Emerald Grande Sonnerie dan Octo Roma Carillon Tourbillon blue edition. Jam tangan Grande Sonnerie yang baru memiliki 4 hammers dan gong dan merupakan timepiece terumit dalam sejarah brand ini. FYI, Bulgari adalah satu dari sedikit dari label jam tangan yang mampu menciptakan chiming watch dengan bunyi untuk jam, quarters, dan menit. Harmoni bunyi jam tangan ini dapat diaktivasi on demand menggunakan side buttons. Digerakkan oleh BVL 703 automatic winding, jam tangan ini opulent dengan berlian dan Zambian emeralds.

Octo Roma Carillon Tourbillon hadir istimewa dengan komplikasi tourbillon. Digerakkan oleh hand-wound calibre BVL428, yang diproduksi secara in-house, timepiece ini didesain secara saksama agar kualitas suara yang dihasilkan maksimal. Hal tersebut diterapkan pada ukuran case, caseband, penempatan gong, serta tahapan pembuatan gongnya. Tiga hammers yang ada di jam tangan ini memainkan nada C untuk jam, nada E D C untuk quarters, dan nada E untuk menit. Octo Roma Carillon Tourbillon hanya tersedia terbatas sebanyak 30 pieces.