Chanel Métiers d’art 2019/2020, a Tribute for the Maison’s Code

In the spirit of 31 rue Cambon.

 

Sejak tahun 2002, setiap tahunnya Chanel menggelar sebuah runway show khusus untuk mengapresiasi dan merayakan skill para artisans yang berkontribusi pada penciptaan koleksi-koleksi rumah mode tersebut,mulai dari embroiderers, feather makers, paruriers, pleaters, shoemakers, milliners, dan glove makers. Bernama Chanel Métiers d’art, kali ini peragaan koleksi spesial yang terselenggara tiap Desember itu dilangsungkan di Grand Palais, Paris. Set panggung ditata menyerupai interior gedung dimana apartemen Coco Chanel berada, yakni di 31 rue Cambon. Tampak pada panggung replika mirrored staircase apartemen yang menghubungkan Haute Couture salons pada lantai 1 dan Creation studio di lantai 3. Di lantai ke 2 lah terdapat apartemen Gabrielle Chanel.

Pada latar yang didesain bersama dengan sutradara film Sofia Coppola tersebut, rancangan-rancangan Creative Director Virginie Viard diperagakan para model. Kata kunci dari show kali ini adalah Chanel code. Sebagaimana panggung show diciptakan dengan melihat kembali identitas Chanel, kreasi-kreasi busana pada Métiers d’art tahun ini mengeksplorasi karakter sartorial dari rumah mode yang berdiri sejak tahun 1910 tersebut. Salah satu di antaranya adalah suits dan long dress beraksen tie-dye yang terinspirasi dari pink tweed suit rancangan Coco pada tahun 1960 dimana lining-nya berskema tie-dyed hitam, biru, pink, dan mauve. Ada pula long dress bermaterial duchess satin padu cape dan double-breasted black strapless dress yang terinspirasi dari potret legendaris Chanel oleh Cecil Beaton pada tahun 1937. Tak terlupakan tentunya two-tone shoes khas Chanel.

Berlangsung pada awal Desember lalu, peragaan busana Chanel Métiers d’art 2019/2020 dihadiri oleh para Chanel ambassadors, yakni Kristen Stewart, Vanessa Paradis, Lily-Rose Depp, Penélope Cruz, Alma Jodorowsky, Marine Vacth dan Yara Shahidi; serta sahabat-sahabat rumah mode ini, seperti Sofia Coppola, Marion Cotillard, Isabelle Adjani, Carole Bouquet, Margaret Qualley dan Sébastien Tellier. Usai menyaksikan peragaan busana, para tamu menikmati makan malam di La Coupole dengan pertunjukan musik dari penyanyi Belgia, Angèle.