Brief Introduction to the Keto Diet

By Madelaine Angelina

A small primer on 2017’s most-searched diet on Google.

Dalam sekilas, ketogenic diet adalah diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat. Normalnya, tubuh akan mengolah glukosa yang masuk dalam bentuk karbohidrat untuk memproduksi energi. Prinsip utama diet keto adalah untuk membiarkan tubuh melakukan ketosis, yang mana ia akan membakar simpanan lemak, bukan karbohidrat, untuk menghasilkan energi. Karena kadar lemak di tubuh berkurang, berat badan pun turun.

Rasio nutrisi yang dianjurkan oleh diet ini adalah 75% lemak, 20% protein, dan 5% karbohidrat. ‘Lemak’ yang dimaksud disini lebih berfokus ke lemak non-saturated, seperti yang ditemukan di daging merah, telur, ikan, kacang, dan alpukat. Dengan batasan karbohidrat tersebut, Anda harus menjauhi nasi, gula, mie, roti, bahkan beberapa buah-buahan dan minuman beralkohol.

Tetapi seperti segala hal yang berhubungan dengan wellness, setiap orang memiliki tubuh yang berbeda-beda. What works for one person, doesn’t always work for another. Periksalah ke dokter atau ahli kesehatan sebelum memulai untuk mengetahui apakah kondisi tubuh Anda dapat menyanggupi diet ini.

Good luck trying the diet!