Apakah Manfaat Jojoba Oil untuk Kulit Berjerawat?

And who shouldn’t use it?

 

Di antara berbagai jenis minyak yang bermanfaat untuk kecantikan kulit, Anda tentu pernah mendengar jojoba oil. Manfaatnya untuk melembutkan dan melembapkan kulit. Namun apakah jojoba oil juga bermanfaat untuk mengatasi kulit berjerawat? Sebelum membahasnya, mari simak terlebih dahulu apakah jojoba oil itu sesungguhnya.

Minyak jojoba secara teknis sesungguhnya bukanlah minyak, melainkan liquid wax. Itulah sebabnya jojoba oil terasa less greasy di kulit dibandingkan dengan minyak. Jojoba oil diekstrak dari biji tanaman simmondsia chinensis dan dikategorikan sebagai wax karena struktur kimiwainya yang berbeda dari minyak. Jojoba oil terkomposisi oleh 98% pure wax, utamanya adalah fatty acids, alkohol, dan hydrocarbons. Kandung-kandungan tersebutlah yang menciptakan kelembapan kulit tanpa menyumbat pori-pori. Juga berkandungan vitamen E, jojoba oil pun memiliki kemampuan anti-inflammatory dan antioxidant.

Karena sesungguhnya merupakan wax, penggunaan jojoba oil pada kulit berjerawat tak akan menyebabkan masalah, bahkan dapat memberi manfaat. Seperti dilansir dari halaman Allure, jojoba oil memiliki struktur layaknya natural sebum pada kulit sehingga dapat membantu kulit berjerawat tingkat ringan dan sedang dengan cara menormalisasi produksi minyak pada kulit. Sifat anti-inflammatory yang dimiliki jojoba oil pun berguna untuk mengatasi jerawat. Terlebih, jojoba oil juga berkemampuan antimicrobial yang dapat mengurangi breakouts.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa pemilik kulit sensitif perlu berhati-hati dalam menggunakan jojoba oil untuk wajah. Jika Anda adalah pemilik kulit sensitif, lakukan patch-test sebelum menggunakan jojoba oil di keseluruhan wajah dan lihat reaksinya. Kondisi lain yang membuat jojoba oil bukan pilihan tepat bagi kulit ialah bila kulit Anda rentan terhadap alergi ataupun merupakan kulit yang sangat berminyak, juga memiliki jerawat yang cukup parah atau parah.

Orang-orang dengan kondisi jerawat cukup parah atau parah membutuhkan prekripsi medis untuk mengatasi permasalahannya. Jika Anda ragu apakah jojoba oil aman dan dapat membawa manfaat untuk jenis kulit yang Anda miliki, konsultasikan perihal ini dengan dermatologist tersertifikasi.