Alexander McQueen Fall/Winter 2022 Hadirkan Makna Metaforis Mycelium

We are all connected.

Teks: Salsabila Ramadhani Sutantio

 

Sejatinya, creative process adalah sesuatu yang subjektif dan menakjubkan โ€“ apapun dapat terjadi dari sebuah creative process, dikarenakan semua hal dapat menjadi inspirasi dari sebuah mahakarya. Pada koleksi Fall/Winter 2022, Alexander McQueen yang arahan kreatifnya dipimpin oleh Sarah Burton menyajikan sebuah mahakarya dengan inspirasi yang tidak biasa, yakni mycelium. โ€œThis collection is inspired by that idea of community, and specifically by mycelium, by the reality of nature as a community that is far, far older than we are,โ€ tuturnya. Menurutnya, mycelium adalah sebuah metafora, and she would like the idea of that interconnectedness between humans and nature.ย 

Diselenggarakan di New York, para model menampilkan berbagai pieces yang earthy dari koleksi ini, salah satunya adalah full-skirted leather dress yang dikemas mulai dari warna hitam hingga sunshine-bright yellow. Selain itu, terdapat pula asymmetrical moto jackets yang terlihat halus, dilengkapi dengan sentuhan flowing hems. Ada pula sweaters dengan konsep unraveling yang berupaya untuk mendeskripsikan nuansa cottage core yang sangat bisa dipakai sehari-hari oleh para New Yorkers.

Konsep mycelium ini juga diimplementasikan lewat beragam motif jamur bisa di seluruh koleksi. Mulai dari sweater crop dalam mohair ruffle yang menampilkan inlay jamur, hingga gaun mesh hitam berpola psychedelic dengan bordiran fiery red, neon green, dan bright yellow yang dibentuk menjadi imitas jamur dan mycelia, dilengkapi dengan kristal, manik-manik, dan payet. Terdapat pula gaun hitam dekonstruksi dengan warna kuning dan motif cetakan jamur yang kompleks.

Koleksi ini juga menampilkan setelan jas hitam dan neon khas label, serta mantel parit, gaun pesta berkerut, dan jaket kulit. Beberapa bagian juga tampaknya terinspirasi oleh koleksi sebelumnya, dengan setelan jas dan gaun yang menampilkan cetakan yang mengingatkan pada spray-painted robot dress pada koleksi #13 Lee McQueen 1999 sebagai perwujudan dari penghargaan komunitas within the fashion house.

Terlihat surreal dan out-of-the-box, ide kreatif unik dibalik motif-motif jamur surealis ini ternyata memiliki makna dan observasi yang mendalam. โ€œMycelium has the most profound, interconnecting power, relaying messages through a magical underground structure, allowing trees to reach out to each other when either they or their young need help or are sick. The idea is humbling โ€“ beautiful – and, of course, a metaphor for interconnection and for community between people, between us all.โ€