4 Reasons to Leave Your Office Desk at Lunch Break

Benefiting you, body and soul.

 

Bukan hal asing melihat staff kantor menikmati makan siang di meja kerja mereka saat waktu break. Memang tidak sedikit orang yang merasa workload mereka terlalu banyak sehingga harus menghabiskan waktu makan siang di meja kerja. Namun tahukah Anda bahwa kebiasaan ini sesungguhnya buruk bagi kesehatan dan akan berdampak negatif pada produktivitas?

Kami merangkum empat alasan mengapa Anda harus menghindari makan di meja kerja.

 

Not giving your brain a break
Waktu makan siang adalah kesempatan yang baik untuk memberikan otak Anda sedikit ‘break’ sehingga pikiran Anda bisa kembali refreshed. Stuck di depan layar komputer seharian akan menimbulkan stres.

Same old food
Karena tak memberi rehat pada otak untuk menikmati waktu istirahat, pikiran Anda yang sibuk dengan urusan pekerjaan akan sulit untuk menentukan pilihan makanan. Akibatnya Anda akan cenderung memilih “cara cepat” dalam memilih makanan yang “pasti”, yakni makanan yang sama dengan hari kemarin. Kurangnya variasi dalam menu harian Anda kurang bagus untuk pemenuhan asupan gizi.

Less movement
Tak beranjak untuk pergi mencari kafetaria saat istirahat makan siang membuat Anda semakin kurang bergerak saat di kantor. Terlalu banyak duduk tidak baik untuk kesehatan. Kurangnya kalori yang terbakar, sakit pinggang dan punggung, hingga risiko lebih besar terkena penyakit ginjal adalah beberapa dampak buruk dari terlalu lama duduk.

Lack of social interaction
Lunch break merupakan kesempatan bagi Anda untuk bersosialisasi bersama rekan kerja. Kurangnya interaksi antar manusia bisa mengakibatkan menurunnya tingkat kebahagiaan dan produktifitas. Bercengkramalah dengan teman kerja Anda untuk merelaksasi otak sehingga bisa fokus saat kembali bekerja.