3 Kreasi Memukau Cartier di Watches & Wonders 2022

Masse Mystérieuse is at another level.

 

Ajang Watches & Wonders yang diselenggarakan beberapa waktu lalu menjadi kesempatan bagi banyak watch houses untuk unjuk gigi akan koleksi-koleksi baru yang akan meluncur pada tahun ini. Tak terkecuali Cartier. It went all out by presenting a wide range of new timepieces. Dari sekian banyak kreasi baru yang disaksikan The Editors Club dalam sebuah presentasi virtual, terdapat 3 jam tangan yang begitu mencuri perhatian.

Masse Mystérieuse
Mystery clock merupakan bagian panjang dan ikonis dari sejarah horologi Cartier. Inspirasinya adalah jam ciptaan magician legendaris era 1800’an Jean-Eugène Robert-Houdin yang jarumnya tampak mengapung. Pada tahun 1912, dengan bantuan clockmaker Maurice Couët, Cartier merilis mystery clock pertamanya, yakni Model A. Kini di Watches & Wonders 2022, brand asal Prancis itu menyuguhkan sebuah kreasi jam tangan nan incredible dengan konsep yang mengundang tanda tanya atau “misterius”. Masse Mystérieuse.

Bentuk movement 9802 MC dari jam tangan ini setengah bundar dan akan bergeser seturut perubahan posisi jam tangan akibat pergerakan. Lalu bagaimana jarum jam tangan ini dapat stabil bekerja? Jarum yang tampak mengapung dalam case ini bisa stabil bekerja karena semua komponen yang mendapat energi dari movement, transmisi, dan regulasi, menjadi terintegrasi dalam rotor. Desain skeletonized dari bagian tersebut semakin menambah kesan sophisticated jam tangan ini. Butuh waktu 8 tahun untuk menciptakan jam tangan ini.

Tank Chinoise
Tank Chinoise, merupakan bagian dari seriCartier Privé. Secara spesifik merupakan Chapter ke-6 setelah Crash, Tank Cintrée, Tonneau, Tank Asymétrique, dan Cloche Cartier. Sebagai bagian dari lini untuk para kolektor yang diproduksi terbatas, jam tangan ini memadukan unsur high watchmaking dan estetika desain.

Model Tank yang merupakan ciptaan Louis Cartier berasal dari tahun 1917 dan adalah salah satu yang paling remarkable dari brand ini. Model ini kemudian berevolusi menjadi Tank Chinoise pada tahun 1922 dimana kebudayaan China menjadi tema besarnya. Berusia 100 tahun pada tahun ini, Tank Chinoise kini hadir dengan skeleton movement. Sisi artistik kultur Tiongkok pada jam tangan dengan rectangular dial ini terlihat pada penggunaan lacquer hitam dan merah yang menyerupai Chinese window.

Cartier Libre
Di ranah jewelry watch, Cartier Libre hadir dengan inspirasi dari rock crystal and diamond bracelet yang dikenakan aktris Gloria Swanson pada tahun 1930’an. Strap-nya elastis dan bersifat reversible. Bagian depan merupakan watch, sementara sisi belakangnya adalah bracelet. Kreasi ini terdiri dari rangkaian triangular links dengan triangular motifs yang membuat kilau warnanya berpendar indah. Item yang ditawarkan secara terbatas ini tersedia dalam 3 versi sesuai palet ikonis brand. Permata seperti spinels, diamonds, sapphires, emeralds, hingga moonstones memancarkan kesan glam Cartier Libre.