Watches & Wonders 2021: Kontras Koleksi-koleksi Zenith

Between the colourful and the extreme.

 

Di antara berbagai kreasi jam tangan baru yang diperkenalkan di ajang Watches & Wonders 2021, koleksi Zenith Defy 21 Spectrum tampil colourful dengan 5 pilihan warna. Kemeriahan pancaran palet jam tangan – jam tangan tersebut merupakan kombinasi dari proses pigmentasi inovatif untuk elemen chronograph movement maupun rona natural dari batu-batu mulia yang digunakan. Stainless steel case jam tangan ini berukuran 44 milimeter, dan berhiaskan 288 brilliant cut white diamonds. Bagian bezel dari timepiece ini bertatahkan 44 baguette-cut precious stones berwarna senada dengan movement maupun strap-nya. Kelima permata berwarna pada jam tangan ini adalah green tsavorites untuk varian hijau, orange sapphires untuk varian oranye, blue sapphires untuk varian biru, amethyst untuk varian ungu, dan black spinels untuk varian hitam.

Proses pemilihan batu-batu permata itu tidaklah sederhana. Kesamaan ukuran, warna, dan kualitas kejernihan menjadi beberapa pertimbangan untuk memilih batu-batu permata yang kemudian ditangani oleh para artisans. Untuk perihal mekanistiknya, Defy 21 Spectrum dipersenjatai oleh El Primero 21 movement dengan kemampuan pengukuran waktu hingga 1/100th second untuk fungsi chronograph-nya. Movement tersebut memiliki kemampuan power reserve hingga minimal 50 jam. Jam tangan Zenith Defy 21 Spectrum yang berskema openworked dengan hour markers serta hands berlapis Superluminova SLN C1 ini dijual sangat terbatas, yakni hanya 10 pieces untuk masing-masing varian.

Selain koleksi penuh warna tersebut, Zenith tahun ini pun merilis timepieces yang relevan dengan kerjasamanya bersama event kompetisi balap mobil elektrik Extreme E sebagai official timekeeper dan founding partner dari electric off-road racing championship tersebut. Kreasi tersebut adalah Zenith Defy Extreme, sebuah 1/100th second chronograph watch ukuran 45 milimeter dengan El Primero 9004 movement. Timepiece Defy Extreme terdiri dari 3 varian, yakni matte titanium dengan movement hitam; matte titanium aksen rose gold dengan movement palet emas; dan titanium aksen biru dengan movement biru. Jam tangan ini memiliki strap dengan sistem quick-change yang baru. Ada 3 jenis strap untuk jam tangan ini, yaitu microblasted titanium bracelet, rubber strap, dan velcro strap.

Jika Anda adalah kolektor jam tangan yang bisa melihat value tinggi dari sebuah vintage watch, maka update terbaru dari Zenith ini adalah kabar yang mungkin sangat ditunggu. Zenith Icons adalah sebuah platform terbaru dari brand jam tangan Swiss kelahiran 1865 tersebut yang memungkinkan Anda untuk mendapat jam tangan vintage Zenith di butik-butiknya. Tak perlu ragu, tim heritage department dan manufaktur Zenith yang turun tangan langsung untuk mendapatkan jam tangan itu, merestorasinya serta mensertifikasinya. Untuk mendapatkan kreasi-kreasi vintage maupun dalam proses restorasi, tim Zenith akan melakukan riset ketat untuk memastikan sejarah dan otentisitas jam tangan. Sebisa mungkin komponen-komponen asli jam tangan pun akan dipertahankan. Jikalau ada elemen yang perlu diganti, maka Zenith akan memilih historical elements sebagai penggantinya.

 “We are acquiring historical timepieces from sources who have cherished them for a very long time and allowing others the opportunity to enjoy them. These rare pieces can now embark on a second life using existing resources at the Manufacture, and I’m really excited to share these pieces of history with our customers,” ucap CEO Zenith, Julien Tornare.