Watches & Wonders 2021: Kelanjutan Eksplorasi Material Hublot

Spotlight to the sapphire.

 

Melalui ruang virtual, perhelatan Watches & Wonders berhasil menjadi wadah unjuk gigi dari 38 brands selama 7-13 April lalu. Dengan 300 sesi presentasi dan 500 konferensi pers berbasis di Geneva, hampir 400 rilisan jam tangan terbaru diperkenalkan kepada khalayak di seluruh dunia. Sebanyak 19 brands juga turut serta pada edisi offline yang digelar di Shanghai pada 14-18 April dengan pengunjung di Bund Art Center melebihi angka 12.000. Selain perhatian tertuju pada perihal movement kreasi-kreasi baru di ajang itu, hal lain yang tak kalah menjadi materi perbincangan adalah material dari timepieces. Hublot punya satu tawaran menarik perihal ini.

Sapphire Seduction
If Cinderella became a style icon in the world of fairy tale with her glass slippers, then the real prince charming in modern world might go for full sapphire watch. If he were also knowledgeable about horology, one of his choices might be the one with tourbillon. Imajinasi ini terpenuhi oleh Hublot Big Bang Integral Tourbillon Full Sapphire. Jam tangan tersebut terinspirasi oleh kreasi Hublot tahun 2016 yang perdana bermain dengan konsep sapphire watch, yakni Big Bang Unico Sapphire. Pada Big Bang Integral Tourbillon Full Sapphire, konsep itu dieksplorasi lebih jauh dengan menghadirkan integrated case serta bracelet yang terbuat juga dari sapphire.

It took us five years to bring our first sapphire cases to life – and almost as long for the bracelet. Producing both from sapphire and integrating them together is the pinnacle of the in-depth work undertaken by all of Hublot’s teams. We are proud to be the ones writing the first lines in this new chapter in the history of materials,” ucap Ricardo Guadalupe, CEO Hublot. Sebanyak 5 dari sekitar 37 komponen case jam tangan ini terbuat dari sapphire. Proses rekonstruksi terhadap desain case dilakukan agar dapat diintegrasikan dengan sapphire bracelet.

Sapphire bracelet ini pun membutuhkan pengerjaan yang rumit. Sepertiga dari 165 komponennya didesain khusus agar harmonis dengan transparansi case. Ada 22 komponen bracelet yang bahannya merupakan sapphire. Jam tangan yang tampak “murni” ini dibekali oleh HUB6035 automatic manufacture calibre yang diproduksi secara in-house. Memiliki 3 sapphire bridges transparan, movement ini menampilkan keseimbangan indah antara micro-rotor pada angka 12.00 dan tourbillon pada angka 06.00. Timepiece ukuran 43 milimeter dengan kemampuan power reserve 72 jam ini dijual terbatas sebanyak 30 pieces.

Sparkling Diamond and Coloured Ceramic
Kemilau berlian dapat ditemui pada Big Bang Integrall Tourbillon High Jewellery. Merupakan kreasi ke-30 dari kategori High Jewellery Hublot, jam tangan ini dipersenjatai oleh HUB6035 automatic tourbillon calibre yang diproduksi secara in-house. Sebagai kreasi high jewelry, timepiece ini bertatahkan 484 baguette-cut diamonds dengan total 31 karat. Jam tangan ukuran 43 milimeter ini hadir dengan skema skeleton movement. Case, caseback, bezel, dan bracelet jam tangan ini terbuat dari material white gold 18 karat.

Bila Anda adalah pribadi yang tak ragu tampil striking, Big Bang Unico Yellow Magic akan menjadi style item yang tepat. Tak mudah untuk bisa memberi warna pada ceramic. Inilah nilai lebih dari jam tangan tersebut. Department Reasearch & Development dan laboratorium Metallurgy & Materials dari Hublot menghabiskan waktu sekitar 4 tahun untuk menemukan cara sintering yang tepat agar dalam prosesnya, warna tidak terbakar. Hasilnya adalah cerahnya warna kuning dengan kualitas ceramic yang lebih kuat. Hanya ditawarkan sebanyak 250 pieces, kreasi dengan ukuran 42 milimeter ini digerakkan oleh Unico HUB1280 manufacture movement.

Koleksi jam tangan Hublot yang terbuat dari ceramic berwarna lainnya dibuat dengan kolaborasi bersama studio tato Sang Bleu. Big Bang Sang Bleu II terdiri dari 3 pilihan warna, yakni biru, abu-abu, dan putih. Kreasi dengan bentuk case nan sculptural ini memiliki ukuran sebesar 45 milimeter yang terbuat dari high-teh ceramic. Penggeraknya adalah Unico Manufacture self-winding chronograph lengkap dengan fungsi flyback dan kemampuan power reserve mencapai 3 hari. Rubber strap dari timepiece ini hadir dengan One Click system sehingga dapat diganti dengan mudah tanpa peralatan khusus. Masing-masing varian ditawarkan terbatas sebanyak 200 pieces.