Valentino Angkat SuperVee Bag dalam Komik

Involving creative forces from Italy, Korea, China, and Japan.

 

Rumah mode Valentino punya cara menarik dalam memberi spotlight kepada kreasi SuperVee Bag yang khas dengan logo ‘V’ ekstra-besarnya. Dalam sejarah Valentino, logo ‘V’ mulanya muncul pada karya-karya di tahun 1968. Pada proyek kreatif kali ini, brand pimpinan Pierpaolo Piccioli tersebut menggandeng seorang jurnalis dan 3 ilustrator untuk membuat sebuah komik singkat dimana SuperVee Bag menjadi bagian aksesori yang dikenakan tokoh-tokoh di dalamnya.

Jalan cerita karya jurnalis Italia generasi Milenial, Jacopo Bedussi, diterjemahkan menjadi gambar-gambar komik dalam 3 bab. Masing-masing chapter dibuat oleh seorang ilustrator. Mengemas fenomena serendipity ala remaja, ketiga ilustrator tersebut melakukan pendekatan estetika yang beragam. Mebachi, ilustrator asal Jepang yang juga merancang karakter pada Nintendo Switch “Kaminazo” memulai bab pertama komis Supervee dengan menampilkan dua sahabat perempuan berselempang SuperVee Bag merah dan biru tengah menghabiskan waktu di sebuah taman.

Tak jauh dari mereka, sekumpulan pemuda grup dance sedang bersenang-senang. Salah seorang dari mereka pun terjatuh saat beraksi. Tak menganggap hal tersebut memalukan, si gadis bertas merah justru terpesona pada sang pemuda. Di bab ke dua karya Felicity Bang, seorang ilustrator Gen-Z dari China yang bekerja untuk Bang Bang Motion Studio, kedua sahabat tersebut dikisahkan pergi menuju sebuah klub untuk menikmati malam yang fun. Dalam antrian menuju pintu masuk klub itu, si perempuan pemilik tas merah menunjukkan pada temannya bahwa ia menemukan akun media sosial dari pemuda yang disukainya. 

Pada bab penutup, tak disangka sang pemuda juga berada di tempat yang sama. Bahkan ia mengajak gadis tersebut untuk berdansa bersama. Bab ke tiga ini menghadirkan ilustrasi karya Kim Jung-Youn asal Korea Selatan yang sudah menyelenggarakan beberapa pameran. Tak dapat dipungkiri bahwa tampaknya upaya mengangkat SuperVee Bag dalam bentuk komik merupakan upaya untuk lebih dekat dengan generasi Milenial maupun Gen-Z. Narasi visual ini seakan memberi relevansi memori yang pas juga menyegarkan sebagai alternatif dari fotografi dan video yang membludak di internet dan media sosial.

Komik SuperVee Valentino bisa dibaca di sini.