V&A Exhibition Dedicated to the Arts of Gaming

V&A akan menyelenggarakan pameran seni bertema video game untuk pertama kalinya melalui Videogames: Design/Play/Disrupt. Pameran ini menelusuri sejarah gaming sejak pertengahan tahun 2000-an dan mendiskusikan pengaruhnya terhadap budaya kontemporer dan lingkungan sosial.

Bagian pertama dari eksbisi ini mengeksplorasi proses pembuatan sebuah game, mulai dari ilustrasi-ilustrasi yang dipersiapkan, musik yang dipakai, dan media-media inovatif yang digunakan. Salah satu highlight-nya adalah bagaimana sebuah karya seni klasik berupa lukisan Magritte menjadi inspirasi dari scenography dari game Kentucky Route Zero.

Section berikutnya berfokus kepada peran game dalam menyuarakan kritik sosial, seperti game satir berjudul Phone Story dari Molleindustria. Terakhir, para pengunjung akan diajak untuk mengobservasi bagaimana para pemain dapat memiliki peran sebagai co-creator dari permainan tersebut. Contohnya adalah bagaimana pemain Minecraft dapat merekayasa ulang tampilan benua Westeros dari Game of Thrones dalam dunia maya, ataupun budaya cosplay dimana para pemain game menyalurkan antusiasme mereka melalui medium yang berbeda.

“Terdapat banyak kelimpahan kreativitas yang dapat dijelajahi, mulai dari keahlian para studio hingga inovasi para penonton sebagai pemain.” ujar Tristram Hunt, direktur dari V&A. “Eksibisi ini akan menyajikan wawasan menarik kepada salah satu bidang desain terpenting di masa kami.”

Videogames: Design/Play/Disrupt akan berjalan mulai dari 8 September 2018 hingga 24 February 2019.