Thom Browne Debuts Gender-Neutral Fragrance Collection

Non-binary smell.

 

Thom Browne terkenal dengan dunianya yang penuh fantasi. Apa jadinya bila desainer asal Amerika ini memformulasi wewangian? Pertanyaan tersebut terjawab dengan koleksi fragrance pertamanya yang terdiri dari enam wewangian unisex. Dikreasikan bersama pembuat parfum ternama asal Swiss, Givaudan, setiap jenisnya dinamakan dengan serial number yang dirangkai dari tanggal lahir Browne, 09.27.65, kemudian diikuti dengan angka 01 hingga 06. Aroma smoky dari vetiver menjadi elemen yang menyatukan setiap parfum tersebut.

I wanted these scents to be iconic, and for me an iconic fragrance, especially one that crosses for both men and women, is a vetiver,” ucap Browne. Timing kemunculan wewangian Browne memang tepat, yakni di kala pemahaman tentang gender fluidity semakin meluas. Namun tampaknya keputusan Browne bukanlah sekadar pemanfaatan tren. Seperti diketahui, sejak lama Browne menampilkan visualisasi cross-gender pada runway show dari koleksi-koleksinya. Sehingga adalah hal alamiah bagi Browne untuk merilis rangkaian unisex fragrance tersebut.

Keenam varian parfum dalam koleksi perdana yang ia luncurkan adalah Vetyver Absolute, Cucumber 01, Grapefruit 02, Rose 03, Whiskey 04, Smoke 05.  Thom Browne Fragrance telah dirilis pada awal Oktober di butik-butik Thom Browne, ThomBrowne.com, dan Dover Street Market di seluruh dunia.