The Glorious Epiphany in Valentino Spring/Summer 2019

Dalam presentasi Valentino musim ini, Pierpaolo Piccioli mengajak kita pergi ke tempat di mana kita dapat menikmati kebebasan untuk menjadi diri kita sendiri.

 

Detik pertama ketika Kristen McMenamy (53) membuka show dalam sebuah gaun panjang hitam bervolume megah, we knew we were going to be witnessing a beautiful presentation. Show ini pun berlanjut dengan presentasi all-black dalam berbagai varietas bentuk – mulai dari gaun dengan jubah asimetris, loose volume, big sleeves, hingga ruffles dan pleats. Karakter busana yang sama juga turut datang dalam iterasi all-white yang memberi nuansa pure and clean.

Dominasi monokrom pun disela dengan eksplosi warna – dimulai dengan rona merah khas Valentino sebagai interlude. Warna kuning lemon, biru Turki, hijau daun, dan ungu açai datang bagaikan sebuah liburan yang menyegarkan, sebuah liburan di mana para seniman-seniman Post Impressionism menemukan inspirasi mereka. Apakah ini sebuah metafora bahwa hidup akan terlihat lebih berwarna jika kita bebas menjadi diri kita yang sesungguhnya?

The talk of the town were obviously the fantastically dramatic straw hats. Mereka melengkapi outfit para model, tetapi juga tidak segan mencuri pandangan kami. Piccioli juga memberikan sepatu flats dan sandal berhias bulu untuk model-modelnya, because heels and comfort don’t exactly exist on the same page. Bagaimanapun juga, kebebasan adalah hati dari koleksi ini.

The clothes engraved with character and integrity, but never sacrificing fantasy. Seperti busana-busana di koleksi ini, kepribadian masing-masing orang kaya akan warna, tekstur, dan bentuk. Tragisnya, kita sering menyembunyikan sisi tersebut dari dunia. Alasannya? Takut dicerca, takut tidak memenuhi ekspektasi, takut tidak disukai. Freedom begins once you set yourself free from what the world thinks about us. Seperti yang didemonstrasikan Piccioli, untuk menjadi diri kita yang sebenarnya membutuhkan banyak keberanian, dan kreasi-kreasinya tentu dapat membantu kita pergi ke tempat tersebut.