The 4th Zenith X Land Rover Timepiece Radiates the Spirit of New Defender Car

Spirit of an adventurer in a wrist.

 

Meski dicipta untuk bidang yang berbeda, terdapat kesamaan antara rumah jam eksklusif Zenith dan merk mobil mewah Land Rover. Relasi tersebut berawal di tahun 1969, dimana Zenith memperkenalkan movement khasnya di dunia jam yakni El Primero yang masih terus dikembangkan hingga saat ini. Di tahun yang sama, Land Rover pun memperkenalkan prototipe kendaraan off-road mewah Range Rover. Kesamaan tersebut berbuah kolaborasi yang dimulai dari tahun 2016 sebagai bentuk menyatu visi sesama pencipta produk mewah dengan high-performance.

Pada tahun 2020, keberlanjutan kolaborasi Zenith dan Land Rover menyentuh frekuensi yang ke empat kali. Kolaborasi tersebut menghasilkan rilisan jam teranyar, Zenith Defy 21 Land Rover Edition. Muncul pertama di LVMH Watch Week di Dubai, jam ini diperkenalkan bersamaan dengan perilisan generasi terbaru mobil Land Rover Defender. Bila Land Rover Defender dikreasikan dengan material aluminium nan ringan, maka Zenith Defy 21 Land Rover Defender pun turut tampil polished dan light berkat materialnya yang dikreasikan dari microblasted titanium. Ukuran dial-nya yang sebesar 44 milimeter pun terasa pas untuk mewakili karakter tangguh melalui bentuk sudut tegas pada kerangka jam.

Movement di jam high-frequency nan akurat ini adalah Automatic El Primero 9004 dengan power reserve selama 50 jam. Indikator daya terdapat di bagian bawah logo pada dial jam. Representasi adventure spirit yang dibawa oleh Land Rover Defender dimunculkan Zenith lewat pilihan textured rubber strap dan gray rubber strap aksen orange stitching. Jam ini dirilis secara terbatas, yakni hanya sebanyak 250 pieces.