Sudut Pandang Playful dari Kolaborasi Uniqlo dan Studio Ghibli

Channeling your inner child.

 

Uniqlo merilis rangkaian t-shirt terbarunya di lini Lifewear dengan berkolaborasi bersama Studio Ghibli. Dalam nuansa menggemaskan, koleksi bertajuk #My Style, My Ghibli menyajikan rangkaian perjalanan animasi My Neighbour Totoro dalam grafis colorful dan dalam sudut pandang fotografer perempuan asal Thailand, Kanyada. Model t-shirt-nya pun didesain unisex, baik untuk dewasa maupun anak-anak. 

Kolaborasi ini dimulai dari terpikatnya Koji Yanai, Group Director Fast Retailing, induk perusahaan Uniqlo dengan karya fotografer perempuan asal Thailand, Kanyada. Ketertarikan tersebut membuatnya mendorong Toshio Suzuki, representative director dan produser dari Studio Ghibli untuk menjalin sebuah kerjasama. Dalam sebuah interview video, Toshio mengungkapkan bahwa ia kagum akan sudut pandang Kanyada yang unik, seperti sudut pandang anak-anak dalam karya fotografinya. Ide tersebut berakhir pada dua project seru, yakni rilisan t-shirt di koleksi UT Uniqlo dan sebuah pameran di Thailand. 

Koleksi UT Uniqlo oleh Studio Ghibli sendiri dirilis dalam 6 desain untuk dewasa dan 6 desain untuk anak-anak bermodelkan short-sleeve. Toshio menjelaskan bahwa koleksi ini cocok untuk menggambarkan momen kebersamaan dengan dikenakan secara matching oleh anak bersama orang tuanya. Visualnya pun menggemaskan dalam rangkaian karakter My Neighbour Totoro yang dipadu dengan warna putih, hitam, biru, kuning dan merah. Setiap t-shirt yang dijual, disertakan bersama pocketable tote bag bergambar foto Cat Bus karya Kanyada warna putih maupun kuning.

Terlepas dari koleksi UT Uniqlo, kolaborasi ini juga melahirkan sebuah acara pameran yang berlokasi di Central World, Bangkok, dari tanggal 11 Februari hingga 27 Maret 2022. Sebanyak 7 tapestries berukuran besar dengan tulisan tangan dari key quotes karya Studio Ghibli dipamerkan di sini. Karya foto Kanyada akan lansekap desa Pak Thong Chai juga dipamerkan bersama dengan Totoro dalam ukuran nyata beserta Cat Bus yang menggemaskan. Koleksi Studio Ghibli bersama Uniqlo sendiri dirilis secara affordable dan telah tersedia di store dan situs Uniqlo Indonesia.