Stella McCartney Spring/Summer 2021, Refleksi di Masa Jeda

Stella’s A to Z of fashion and environment.

 

Momen jeda karena pandemi Covid-19 memberi ilham mendalam bagi Stella McCartney. Fokusnya untuk terus menelurkan kebaruan dengan cara ethical kini dipimpin oleh pertanyaan yang menantangnya untuk lebih mindful dan sadar akan lingkungan. Challenge tersebut akhirnya ia jawab lewat koleksinya untuk musim Spring/Summer 2021. Apa yang dianggapnya berarti diutarakan lewat koleksi dan kolaborasi bersama kumpulan seniman yang kemudian diberinya nama “A to Z Manifesto”.

Perwujudan refleksi McCartney mengenai fashion dan lingkungan terhubung antara koleksi dan karya sendi berupa visualisasi kreatif alfabet. Contohnya ketika ia meminta seniman Taryn Simon asal Amerika untuk menerjemahkan huruf R sebagai Repurpose yang mewakili fakta bahwa 65% material koleksi ini adalah fabric hasil daur ulang. Sementara itu, B for British ditampilkan sang desainer lewat permainan tailoring yang relaxed. Kreasi padu padan blazer dan celana palazzo berpotongan dekonstruktif, juga utilitarian jacket menampilkan sisi tegas koleksi ini.

McCartney pun menuangkan intimacy pada koleksinya lewat tampilan lingerie-inspired. Sleeveless, short-sleeved maupun asymmetrical mini dress bersiluet body-hugging tampil dalam warna menggoda seperti hitam, beige dan neon-pink yang dinamis. Nature-inspired print seperti motif cangkang kerang, koral maupun desiran ombak samudera juga menjadi pesona koleksi ini yang tampil dalam siluet fluid seperti elongated sleeve mini dress, one sleeve maxi dress aksen hoodie dan mini jumpsuit aksen cutout.