Setelah Renovasi, Palais Galliera Hadirkan Eksibisi Chanel

Coco the couturier.

 

Setelah direnovasi selama sekitar 2 tahun, Palais Galliera kembali dibuka pada 1 Oktober lalu. Retrospektif pertama yang mengisi area budaya yang dulu bernama Musée de la Mode de la Ville de Paris tersebut adalah “Gabrielle Chanel. Fashion Manifesto”. Seperti diketahui, Chanel adalah salah satu ikon mode Prancis yang mendirikan rumah modenya pada tahun 1910.

Bagian pertama dari pameran ini berskema kronologis. Di bagian ini terpampang kisah awal Chanel di dunia mode yang diwakili oleh beberapa rancangan. Termasuk di dalamnya adalah marinière atau sailor blouse berbahan jersey dari tahun 1916. Di sini, Anda diundang untuk menelusuri perkembangan gaya rancangan chic Chanel, mulai dari little black dress di tahun 1920’an hingga dress yang lebih sophisticated pada tahun 1930’an. Sebuah ruang didedikasikan untuk parfum Chanel N° 5 yang diciptakan pada tahun 1921.

Pada pameran ini terdapat 10 potret Gabrielle Chanel yang menggambarkan bagaimana sang couturier merupakan perwujudan dari brand-nya sendiri. Sejarah tutupnya fashion house tersebut akibat perang juga ditampilkan pada eksibisi ini. Ketika kemudian perang berakhir dan muncul Christian Dior dengan tampilan New Look yang melibatkan penggunaan korset, Chanel pun muncul dan memberi reaksi penolakan. Ia kembali berkecimpung di dunia mode pada tahun 1954 dengan rancangan-rancangan yang melawan trend. Ia menegaskan kembali manifesto modenya yang menekankan kebebasan.

Bagian ke dua dari pameran ini bersifat tematik dimana highlight diberikan pada kode-kode rumah modenya, seperti tweed suit, two-tone pumps, quilted bag, hingga fine jewelry. “Gabrielle Chanel. Fashion Manifesto” menempari area seluas hampir 1.500 meter persegi yang mencakup basement galleries yang baru. Sebanyak lebih dari 350 objek pameran yang ditampilkan berasal dari koleksi Palais Galliera dan pihak-pihak lainnya. Beberapa pihak luar yang meminjamkan koleksinya untuk pameran ini adalah Victoria & Albert Museum London, De Young Museum San Francisco, Museo de la Moda di Santiago de Chile, dan MoMu Antwerp. Selain dari koleksi milik institusi seni, benda-benda pameran juga merupakan koleksi pribadi.

Pameran “Gabrielle Chanel. Fashion Manifesto” berlangsung di Palais Galliera pada 1 Oktober 2020 – 14 Maret 2021.