Seni Urban Kontemporer di Kolaborasi Roger Dubuis dan Liu Wei

The art of colourful lines.

 

Sebuah kreasi baru Roger Dubuis tampil dengan karakter artistik kontemporer hasil dari kolaborasi bersama seniman Liu Wei. Timepiece yang dimaksud adalah Excalibur Liu Wei Monotourbillon yang merupakan anggota ke-4 dari rangkaian Urban Culture Tribe.

Pada tahun lalu, brand jam tangan dari abad ke-20 ini mengambil langkah recraft dan reshape bagi Excalibur Monotourbillon. Penyegaran tersebut mewujud pada clean-cut lines nan modern pada case dan movement-nya, sementara signature star Excalibur melayang di atas barrel. Wajah baru ini menjadi kanvas yang versatile untuk Liu Wei berkreatifitas.

Untuk jam tangan Excalibur Monotourbillon, sculptor dan painter kelahiran China itu mengkreasikan komposisi garis-garis colourful yang kompleks sebagai simbolisasi zaman yang semakin digital, sibuk, dan samar. Hal itu adalah hasil interpretasinya atas bintang khas watch house ini. Kehadiran karya Liu Wei pada timepiece baru Roger Dubuis ini menjadikannya tampil artsy sekaligus meradiasi napas urban yang kental.

Untuk memberi highlight optimal kepada karya Liu Wei, jam tangan ini dibalut sapphire glass transparan dengan engraving garis-garis vertikal. Engraving ini dikerjakan dengan tangan secara teliti dan prosesnya dilakukan garis per garis. Hanya setelah satu garis engraving mengering, engraving garis berikutnya bisa dibuat. Sebagian garis dibuat dengan regular lacquer, sedangkan beberapa lainnya dengan cat UV guna menciptakan architectural depth kala diterpa sinar UV. Pilihan warna engraving disesuaikan dengan karakter vibran dari karya Liu Wei.

Hal serupa juga dilakukan pada sapphire glass caseback namun dalam pola horizontal. Semakin memberi dinamika pada tampilan jam tangan, hour markers serta logo dari piece ini diisi dengan black SuperLuminova untuk efek glow in the dark. Urusan mekaniknya mengandalkan calibre RD512SQ dengan tourbillon lebih ringan berkat penggunaan material titanium dan cobalt chrome. Hasil langkah ini adalah power reserve yang semakin optimal hingga mencapai 72 jam.

Tersedia terbatas hanya sebanyak 8 pieces, Excalibur Liu Wei MT hadir dengan titanium grade 5 case ukuran 42 mm berpadu black calf leather strap yang bersifat interchangeable lewat Quick Release System. Diakui estetika detailnya oleh keberadaan Poinçon de Genève (Geneva Seal), timepiece ini adalah manifestasi dari apa yang disebut Roger Dubuis sebagai Hyper Horology.