Saint Laurent Spring/Summer 2020, a Classic Refreshment

In the spirit of Rive Gauche.

 

Pada hari ke dua Paris Fashion Week tahun ini, show Saint Laurent ditempatkan di jam final, yakni setengah sembilan malam. Membaca secarik kertas dalam undangan yang diterima The Editors Club yang berisi peringatan untuk tak datang terlambat, kami pun berangkat menuju venue cukup dini sehingga tiba sebagai salah tamu pertama yang menanti dimulainya show. Langit Paris kala itu semakin redup. Tak lama setelah kami menempati kursi, turunlah hujan. Mereka yang tengah mengantri untuk masuk area peragaan busana sebagian berhamburan.

Bagai didukung oleh semesta alam, tetesan air dari langit berhenti jatuh sesaat sebelum show dimulai. Ketika lampu-lampu sorot yang berada di area runway mulai menari memancarkan sorotannya ke berbagai arah, excitement pun meninggi. Para model kemudian keluar mengenakan koleksi Saint Laurent Spring/Summer 2020. As “magical” as the rain stopped right before the show began, Anthony Vaccarello put his magic on the collection.

Untuk koleksi terbaru Saint Laurent, Vaccarello mengangkat spirit Rive Gauche. Rive Gauche merupakan wilayah tepi timur Sungai Seine; sungai yang membagi dua kota Paris. Secara historis, Rive Gauche merupakan tempat dimana kreativitas bertumbuh dan dirayakan. Tempat tersebut merupakan simbol kultural dari kreativitas Paris. Dalam koleksi Saint Laurent kali ini, spirit Rive Gauche mewujud salah satunya dalam skema masculine-feminine tailoring yang elegan. Rujukan pada karya-karya klasik Saint Laurent, seperti Le Smoking tuxedo suit sangat jelas terlihat. Sebagiannya memanfaatkan shorts dan knee-high boots sebagai padanan jas.

Alih-alih sekadar menjadikan classic looks dari Yves Saint Laurent sebagai referensi, Vaccarello berhasil menginterpretasinya sesuai dengan atmosfer mode masa kini. Hasilnya adalah tampilan-tampilan khas Yves Saint Laurent era 1970an – yang terinspirasi oleh street look kota Paris – dalam nuansa yang lebih fresh dan beresonansi dengan youth vibe zaman ini. “It’s a Rive Gauche way of seeing clothes, a combination of the most iconic codes. Saint Laurent is as much about attitude as it is spectacle” ucap Anthony Vaccarello. Di penutup show, aksi catwalk Naomi Campbell merangkum keseluruhan feel dan attitude dari koleksi ini.  Rancangan-rancangan yang ditampilkan pada malam itu selanjutnya kami lihat secara lebih personal dalam sesi  resee pada hari yang berbeda.