Rolls-Royce New Ghost, Puncak Kualitas Berkendara Bernafas Estetika Minimalis

Superior in simplicity.

 

Take the best that exists and make it better.” Dari kalimatnya, Henry Royce – yang bersama Charles Rolls mendirikan Rolls-Royce pada tahun 1904 – begitu menyadari bahwa perfection atau kesempurnaan tidak pernah merupakan sebuah titik final melainkan sebuah proses evolusioner yang terus-menerus diperbaharui. Filosofi yang telah lebih dari satu abad menjiwai brand mobil asal Inggris itu kini mewujud pada Ghost terbaru.

Selasa 1 September 2020, The Editors Club memenuhi undangan terbatas untuk menjadi bagian dari global virtual launching atas model terbaru Rolls-Royce melalui sebuah dinner di hotel Four Seasons Jakarta. Dibuka dengan sambutan langsung oleh Jason Broome, Managing Director Eurokars Group Indonesia (perusahaan distributor Rolls-Royce), acara ini juga dihadiri secara virtual oleh Hal Serudin, Asia Pacific Corporate Communications Manager at Rolls-Royce Motor Cars. Pada sebuah layar besar, model Ghost baru secara resmi dipresentasikan. It is what the brand calls an expression of the post opulence.

Tentu akan sangat sulit mencerna Ghost baru ini dengan sebutan post opulence ketika nama Rolls-Royce itu sendiri identik sebagai ultra opulence. Untuk memahami model baru Ghost, pemaknaan understated opulence terasa lebih tepat. Karakteristik yang dimunculkan pada Ghost baru tersebut terbentuk lewat hasil observasi dan analisis tim Rolls-Royce terhadap bagaimana cara pemilik varian terlaris sepanjang 116 tahun usia brand mobil tersebut mempersonalisasi dan menggunakan mobil, mempersepsikan Rolls-Royce dan mengekspresikan kesuksesan.

Mereka berasal dari generasi lebih muda yang mendambakan kualitas exquisite namun dalam balutan nan subtle. Mereka mengendarai sendiri model Rolls Royce yang meluncur perdana pada tahun 2009 itu di akhir pekan bersama keluarga maupun teman. Mereka lah alasan di balik sisipan teknologi all-wheel drive dan all-wheel steering pada Ghost. Melalui konsiderasi terhadap aspirasi klien ini lah Ghost baru tercipta.

 

The Experience of Subtle Supremacy
Tampil dengan referensi desain eksterior lebih minimalis, Ghost baru yang memiliki panjang 5546 milimater dan lebar 1978 milimeter ini tetap meradiasi suasana ethereal melalui 20 LEDS pada Pantheon Grille yang bersinar lembut. Untuk pertama kalinya, Spirit of the Ecstasy yang menjadi maskot brand Rolls-Royce – figur perempuan berbalut kain serupa sayap dengan pose tubuh condong ke depan – tak dikelilingi panel lines sehingga tampak lebih cantik. Simplisitas ini pun terpancar dari interior mobil yang pastinya tetap mengutamakan kualitas material, baik itu leather, wood, maupun metal.

Ruang dalam kendaraan semakin istimewa berkat kehadiran Illuminated Fascia di dashboard. Bagian dashboard itu penuh kilau 850 bintang di sekitar nameplate ‘Ghost’. Butuh waktu 2 tahun melalui teknik rumit untuk mengembangkan aksen menawan ini. Illuminated Fascia padu serasi dengan Starlight Headliner yang sudah terlebih dahulu menghias kreasi-kreasi Rolls-Royce. Tampilan kemilau bintang-bintang di langit-langit mobil ini pun semakin hidup dengan dilengkapi 8 shooting stars (whenever you are in Rolls-Royce, you could always wish upon the shooting stars).

Ghost baru merupakan varian tercanggih Rolls-Royce untuk saat ini. Mobil ini dilengkapi berbagai fitur seperti day and night-time wildlife and pedestrian warning, alertness assistant, four-camera system with panoramic view, all around visibility dan helicopter view. Selain itu ada pula active cruise control, collision warning, cross-traffic warning, lane departure and lane change warning, 7×3 high-resolution head-up display, Wi-Fi Hotspot, self-park, dan sistem navigasi serta hiburan teranyar.

Untuk menjamin kualitas udara yang bagus di dalam mobil, Ghost baru ini dibekali dengan Micro Environment Purification System (MEPS) baru. Dalam sistem ini terdapat Impurity Detection Sensors yang sangat sensitif untuk mendeteksi kualitas udara di mobil dan akan secara otomatis menjalankan fungsi Recirculation Mode jika level udara terkomintasi melebihi kewajaran. Udara yang memenuhi ruang mobil telah disaring melalui nanofleece filter dengan kemampuan menyaring partikel-partikel dalam waktu kurang dari 2 menit.

Mempertimbangkan secara serius akan kenyamanan penggunanya, acoustic ambience pada Ghost yang baru pun amat menenangkan. Spaceframe architecture yang mengkonstruksi mobil ini terbuat dari aluminium dengan tingkat acoustic impedance yang lebih tinggi dibanding material baja. Hal ini berkontribusi pada kualitas suara dalam mobil yang lebih baik. Sekat-sekat dan lantai mobil juga didesain double-skinned untuk mereduksi kebisingan jalan yang masuk ke dalam. Material peredam suara dengan total 100 kilogram pun diaplikasikan pada bagian-bagian mobil dan hampir keseluruhan arsitekturnya, mulai dari pintu, langit-langit, hingga ban mobil.

Dalam proses pembuatan mobil ini, tiap elemen diinvestigasi untuk mengetahui apakah elemen-elemen tersebut memproduksi noise pada level yang unacceptable. Jika hal itu terjadi, proses re-engineering dilakukan terhadap elemen terkait. Hasil dari semua proses ini bukanlah keheningan total pada mobil karena ternyata para acoustic specialist untuk mobil ini menemukan bahwa kesunyian utuh dalam mobil justru akan membuat disorientasi pada pengemudi maupun penumpang.

Sebagai gantinya adalah bisikan lembut yang nyaman di telinga. Hal ini merupakan hasil dari upaya tuning antar komponen mobil agar memiliki frekuensi resonansi yang harmonis. Acoustic experience dalam menggunakan Ghost baru ini disempurnakan dengan sematan sound system berkualitas tinggi melalui komponen-komponen amplifier, speakers dan microphones yang dipilih dan diatur sedemikian rupa untuk menciptakan exceptional listening experience.

On top of them all, the imaginative and personal touch of you in commissioning your new Ghost is always the ultimate value of being the patron of Rolls-Royce.

 

Sophisticated Performance within Refreshed Identity
Lazimnya kemunculan model baru dari produk apapun, pertayaan mengenai sejauh mana perbedaan antara Ghost baru dan versi sebelumnya pun tak terelakkan. Untuk menjawab pertanyaan ini, penjelasan Torsten Müller-Ötvös, CEO Rolls-Royce Motor cars tepat dikutip. “The only components that we carried over from the first Goodwood Ghost were the Spirit of Ecstasy and umbrellas. Everything else was designed, crafted, and engineered from the ground up. The result is the most technologically advanced Rolls-Royce yet. It distills the pillars of our brand into a beautiful, minimalist, yet highly complex product that is perfectly in harmony with our Ghost clients’ needs and perfectly in tune with the times,” jelasnya.

Dipersenjatai V12 Twin Turbo 6,75 liter sebagai engine-nya, mobil dengan spaceframe architecture bermaterial keseluruhan aluminium ini didesain untuk memberikan performa memadai, yakni dengan output optimal pada besaran power 563bhp/420kW dan torque 850N-m/627lbf-ft kepada all-wheel steer dan all-wheel drivetrain. Torque maksimum dicapai bahkan pada 1.600rpm hingga hanya 600rpm di atas tick-over. Penggunaan air intake ports yang lebih besar memastikan suara mesin tak mencapai area kabin sehingga pengalaman berkendara menjadi tetap nyaman.

Rolls-Royce selalu berupaya untuk membuat para pengendara kreasi-kreasinya merasakan sensasi khas yang dikenal dengan sebutan pengalaman Margic Carpet Ride. With this new Ghost, you will definitely experience a whole new world of car riding. Thanks to its Planar Suspension System. Sistem suspensi baru ini merupakan hasil riset selama 10 tahun guna mencapai sensasi “terbang” kala melaju di jalan pada level yang belum pernah dicapai oleh kendaraan lain sebelumnya. Salah satu kuncinya terletak pada penyematan Upper Wishbone Damper pertama di dunia di atas front suspension assembly sehingga menciptakan pengalaman effortless ride yang lebih stabil.

Hal tersebut semakin utuh dengan iringan kerja sistem Flagbearer yang menggunakan kamera-kamera untuk “membaca” jalan didepan dan mempersiapkan sistem suspensi untuk menghadapi berbagai perubahan permukaan jalan, serta fungsi Satelite Aided Transmission yang memanfaatkan data GPS untuk menjalankan kinerjanya. Semua skema itu dikelola melalui Planar software system. Sophisticated experience saat Anda memilih Ghost baru juga terasa hingga ke aspek membuka dan menutup pintu mobil. Tak hanya menyuguhkan fitur self-closing door seperti pendahulunya, Ghost terbaru hadir dengan kemampuan membuka pintu dengan mekanisme power assistance.

Kehadiran Ghost baru dalam keluarga Rolls-Royce yang membawa sebuah konsep understated opulence dengan estetika berhaluan elegansi minimalisme tanpa menurunkan tingkat kualitas performa dan fitur-fiturnya jelas bukan pilihan tanpa dasar. Brand bersejarah yang digunakan oleh keluarga-keluarga kerajaan, petinggi-petinggi negara, hingga pengusaha-pengusaha sukses ini menyadari bagaimana interpretasi terhadap kata luxury kini membawa sebuah nafas baru yang lebih segar dan relevan zaman sebagaimana jiwa-jiwa muda yang menjadi patron dari marque ini.

Ghost baru ini merupakan wujud pertama dari identitas Rolls-Royce yang lebih refreshed, yang secara simbolis diwakili oleh perubahan logo. Logo hasil kreasi design firm Pentagram itu menampilkan monogram RR berlatar grafis rupa Spirit of Ecstasy dalam palet ungu nan regal. Begitu pun dengan pergantian tipe font yang kini lebih sharp.

Berbincang secara eksklusif dengan The Editors Club mengenai peluncuran Ghost baru dari Rolls-Royce sebelum launching event berlangsung, Jason Broome selaku Managing Director Eurokars Group Indonesia menyatakan bahwa sebagai turunan dari model terlaris Rolls Royce – yang dengan demikian memiliki peran penting dan strategis untuk brand tersebut – Broome melihat bahwa Rolls-Royce berupaya agar Ghost baru mampu merepresentasikan brand dengan cara yang tepat. “They want to ensure it represents the brand in a right way and it’s attractive towards younger clientele. This new car is very very special and we’re very pleased to be part of it,” ucap Broome yang menjabat posisinya di Eurokars Group Indonesia sejak awal tahun ini.

Mampukah Ghost terbaru dan citra baru Rolls Royce mengalihkan perhatian para generasi muda di kelasnya yang selama ini masih tertuju pada brand lain? Well, we’ll see. Akan tetapi setidaknya di Indonesia terdapat satu fakta yang menjadi semacam safety net bagi peluncuran model baru ini. Seperti diungkap Hal Serudin, the Asia Pacific Corporate Communications Manager at Rolls-Royce Motor Cars, pada launching Ghost terbaru, klien Rolls-Royce di Indonesia bukan sekadar buyer tapi merupakan kolektor.

One thing for sure, Rolls-Royce is for those who want to take the best that exists and strive to make it better.