Riset 6 Tahun, Didiet Maulana Rilis Buku Kebaya

In conjunction with the designer’s birthday.

 

Mengawali tahun baru 2021, Didiet Maulana berbagi cerita. Cerita tersebut ia tuangkan lewat sebuah buku yang berisikan tentang seluk beluk kebaya. Tampil dalam judul “Kisah Kebaya”, Didiet menuangkan pemahaman dan risetnya akan busana ikonis tersebut. Baginya, kebaya adalah sebuah identitas. Tepat di ulang tahunnya yang ke-40 pada 18 Januari 2021, buku yang terinspirasi oleh mendiang neneknya itu diluncurkan secara virtual.

Membutuhkan 6 tahun riset yang melibatkan berbagai narasumber yang paham akan sejarah kebaya dan persiapan 1,5 tahun untuk meluncurkan buku ini. Kronologis isinya dimulai dari sejarah dan filosofi kebaya dalam bab “Kebaya Berbudaya”, rekomendasi relevan gaya kebaya pada bab “Eksplorasi Kebaya Didiet”, hingga perjalanan karya kebaya sang desainer di bab “Kisah Kebaya Svarna by IKAT Indonesia”.

Melalui peluncuran buku tersebut, Didiet mengungkap visinya untuk memberikan stimulus kreatif bagi generasi muda dan industri rumahan, khususnya UMKM untuk turut melestarikan kebaya dalam gaya keseharian. “Dengan adanya buku ini, semoga bisa membuat lebih banyak orang atau penjahit rumahan untuk menciptakan kebaya yang indah,” ucapnya.

Potret perempuan-perempuan Indonesia inspiratif bisa dilihat pula di halaman buku ini. Mereka adalah penyanyi Andien Aisyah, aktris dan penyanyi Maudy Ayunda, model Dominique Diyose, jurnalis Najwa Shihab, model Izabel Jahja, ekonom dan menteri keuangan Indonesia Sri Mulyani, hingga Mien Uno.

Buku “Kisah Kebaya” dirilis penerbit PT Gramedia Pustaka Utama dan akan tersedia mulai 24 Februari 2021 mendatang. Namun terdapat pula layanan pra-pemesanan mulai tanggal 15 – 31 Januari 2021 dengan harga spesial beserta tanda tangan personal sang pengarang melalui situs didietmaulana.com atau via Whatsapp di nomor +62 813-2741-4261.