Prada Spring/Summer 2020 Brings Essentials In Complexity

Full of twist!

 

Kompleksitas selalu dapat ditemukan dalam karya-karya Miuccia Prada. Begitu pun dengan koleksi Spring/Summer 2020. Seperti diungkap oleh situs WWD, beberapa menit sebelum show dimulai, Miuccia berujar tentang persepsinya terhadap kondisi dunia fashion saat ini yang penuh dengan kontradiksi. Ia melihat bahwa di satu pihak terdapat tuntutan untuk doing less – baik itu less produce atau less consume – namun di pihak lain juga masih digaungkan oleh konsumen dan jurnalis tuntutan untuk menghadirkan newness pada tiap koleksi.

Secara jujur Miuccia mengakui bahwa meski ia berupaya untuk doing less saat mulai mendesain koleksi, kinerja estetiknya kerap kembali membawanya pada nuansa maksimalis dan eksploratif. Pada koleksi kali ini, hasilnya adalah tampilan basics nan cool yang diberi twist berupa referensi berbagai dekade. Miuccia memilih kombinasi era 1920, 1970 hingga 1990-an yang diwakili oleh ragam flapper dress yang breezy, kreasi pantsuit, dan model high waisted midi skirt. Aksen padu padan ragam material menjadi salah satu daya pikat koleksi ini. Long-sleeve polo bermaterial sheer berpadu rok midi leather aksen sequins, linen dress beraksen ruffle bahan velvet, dan paduan atasan leather aksen gold-foil dengan strap pita bersama bawahan rok midi kancing adalah beberapa diantaranya.

Formula tabrak motif membuat kreasi-kreasi esensial tersebut sarat akan kesan dinamis. Contohnya adalah paduan pussybow sleeveless knits dan rok midi wol dengan tampilan grafis beda warna. Sementara untuk nuansa mewah, Miuccia menyelipkan aksen tekstur yang kaya seperti beads dan payet yang dibentuk menjadi rupa daun palem hingga kreasi material shiny seperti velvet, dan leather yang tampil dalam palet emas, oranye, hijau hingga lilac nan manis. Keseluruhan padu padan fusion look tersebut dilengkapi dengan ragam kreasi footwear bertema preppy seperti platform brogue, mary-jane dan loafers yang berkesan crafty berkat treatment jahit-simpul. Nuansa surreal namun raw sekaligus personal tercipta melalui anting kalung cangkang siput yang menyuguhkan sentuhan subtle, feminine, juga sophisticated. C’est bon chic!