Photographer Nicoline Patricia Malina Launches Sustainable Fashion Brand

It’s meant to be travel friendly too.

 

Pada akhir bulan lalu, Nicoline Patricia Malina resmi mempublikasikan langkahnya memasuki dunia ready-to-wear dengan meluncurkan koleksi pertama dari labelnya yang bernama Lanivatti. Dalam acara debut koleksi Lanivatti yang diselenggarakan di Lucy in The Sky, Jakarta, Nicoline yang luas dikenal masyarakat mode Indonesia sebagai fotografer itu menyebut aspek environmental concern sebagai salah satu alasan substansial dari terciptanya brand tersebut. “Kita melihat daily reports tentang bagaimana planet ini berada dalam bahaya besar karena climate change, termasuk bagi spesies-spesies yang hidup di dalamnya. Kami percaya bahwa fashion dapat menjadi stylish sekaligus accessible bagi konsumen, tanpa mengeksploitasi manusia maupun bumi dalam prosesnya,” ucap Nicoline.

Berjudul Beyond Borders, sebesar 80% material koleksi kapsul perdana dari brand yang beraspirasi menyuguhkan versatile designs dalam bahan yang nyaman, travel friendly, dan ramah lingkungan itu memanfaatkan natural fibers berkualitas inovasi Tencel, serta kombinasi linen, viscose, dan katun organik. Tencel sendiri merupakan natural fibers untuk tekstil, yang diolah dari industry-certified wood dan diproduksi oleh Austrian-based company Lenzing Group. Tencel bersifat biodegradable yang aman bagi lingkungan. Kenyaman juga menjadi fitur unggulan Tencel. Dengan natural thermal regulating mechanism yang dimilikinya, serat Tencel memberikan kenyamanan di musim panas dan kehatangan di musim dingin.

African wildlife menjadi inspirasi di balik koleksi pertama dari label yang berupaya meminimalkan penggunaan komponen sintetis dan jejak karbon serta mengambil slow approach dalam proses desainnya itu. Inspirasi tersebut diterjemahkan menjadi kreasi-kreasi busana berkonsep Safari yang fungsional sekaligus stylish, mulai dari two-piece suit jackets hingga jumpsuits berpalet sandy, tobacco dan olive tones. Selain peragaan busana, koleksi peluncuran brand Lanivatti juga diisi dengan video artwork karya Nicoline dan NPM Photography dengan pesan perihal tujuan dan transparansi industri mode serta instalasi seni kreasi Fransiscus Raymond Halim dan Archie Tobias mengenai eco-friendly materials yang digunakan Lanivatti.